Cara Menolak Permintaan Teman Yang Mau Ngutang

JogjaUpdate.com (3/8/17), Sebagai makhluk sosial, bantu membantu atar manusia pastinya sudah lumrah terjadi. Namun persoalan hutang ini agak ribet, karena tidak semua orang bisa dipercaya untuk diutangi. Untuk itulah kamu harus tahu cara menolak permintaan teman yang mau ngutang.

Kadang memang susah menolak permintaan teman atau kerabat, apalagi kalau dia memang dalam keadaan kesulitan. Namun bagi yang tidak bisa dipercayai untuk diutangi, kamu memang harus selektif dalam memberikan bantuan kepadanya. Kamu bisa menggunakan cara-kalimat berikut ini untuk menolak permintaan teman yang mau ngutang:

  1. “Uang sih ada, tapi aku masih ada tagihan bulanan yang belum kebayar. Ada listrik, air, kirim ke orangtua, belum lagi belanja bulanannya…”
  2. “Duh maaf, bukannya nggak mau minjemin, tapi aku punya tanggungan cicilan. Kalau telat bayar bisa kena denda nih. Kecuali kamu mau ikut nanggung bunga sama dendanya sih…”
  3. “Lah kok sama, aku juga lagi butuh uang nih! Enaknya minjem ke siapa ya?”
  4. “Waduh, duitku juga lagi dipinjam orang nih, sampai sekarang belum dibalikin huhuhu sedih~”
  5. “Maaf belum bisa kasih pinjaman. Aku punya komitmen untuk nggak meminjamkan uang ke siapapun. Jangankan ke kamu, ke keluarga saja nggak”

Kalimat-kalimat diatas adalah kalimat yang cukup sopan untuk menolak permintaan hutang. Namun jika cara halus tersebut tidak berhasil, coba cara lain yang agak membuatnya risih. Misalnya, coba kamu ingat teman ini masih punya hutang yang belum ia bayarkan belum? Kalo ia coba tagih saat ia meminta hutang lagi.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like