Ini Tips Ampuh Mengelola Uang Untuk OKB

JogjaUpdate.com (3/8/17), Mendapatkan uang banyak secara mendadak bisa membuat orang kebingungan untuk mengelolanya. Bisa juga orang kaya baru (OKB), yang tidak tahu cara mengelola tumpukan uang di depan matanya. Lalu bagaimanakan cara ampuh mengelola uang untuk OKB?

Menglola uang yang tiba-tiba menggunung bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan setiap orang. Dan menurut data Wealth Report, terjadi kenaikan jumlah jutawan baru yang cukup tinggi per 2016 kemarin. Jumlah kenaikan jutawan baru sebanyak 400 persen dalam 10 tahun terakhir.

Karang kali kamu termasuk OKB yang masuk dalam daftar tersebut. Atau bisa saja besok kamu masuk dalam daftar jutawan. Sebelum masuk dalam daftar jutawan baru, sebaiknya kamu pelajari dulu cara mengelola uang. Karena bisa saja mendadak kaya akan membuat orang berlebihan dan terlena.

Berikut ini adalah tips ampuh mengelola uang untuk OKB menurut DuitPintar.com:

1. Lunasi Utang

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah dengan melunasi utang. Orang kaya pun juga bisa punya utang lho, untuk itu priritaskan untuk membayarnya. Terutama utang yang mendesak untuk dilunasi, seperti kredit tanpa agunan dan tagihan kartu kredit. Segera lunasi atau bunganya akan semakin membengkak, belum lagi biaya penalti.

2. Sewa Jasa Konsultan

Semua orang memang bisa mengelola keuangannya sendiri, namun konsultan akan dibutuhkan untuk kondisi tertentu. Pilihlah konsultan yang mempunyai reputasi memadai. Tidak perlu ragu untuk bertanya dan meminta rekomendasi dari kolega atau keluarga. Jasa profesional konsultan keuangan bisa lebih memastikan kondisi finansial terjaga. Namun jangan lupa sesuaikan budjet.

3. Jangan Latah Bergaya Hidup Sosialita

Dengan banyaknya uang berlimpah di tangan, jangan sampai latah ikut-ikutan gaya hidup sosialita atau sebutan untuk komunitas yang suka menunjukan keberadaanya menggunakan hal-hal bersifat mewah. Misalnya seperti mengoleksi tas mahal, atau traveling ke luar negeri dan hangout di klub malam.

Sebenarnya hal-hal itu bebas-bebas saja buat orang yang mampu. Namun buat yang masih baru, takutnya akan terlena akan gaya hidup yang menuntut dana tidak terbatas tersebut. Buat OKB mungkin bisa saja sebulan dua bulan mengikuti gaya tersebut, namun setelahnya bisa-bisa malah terpaksa berhutang.

4. Investasi

Kalau sebelumnya menunda investasi karena alasan tidak ada dana, kini saatnya melakukan hal tersebut. Investasi ini penting untuk mempertebal pundi-pundi finansial agar tidak habis untuk biaya sehari-hari. Tinggal pilih investasi mana yang paling pas sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Bisa melakukan investasi seperti reksa dana, atau bisa juga melalui investasi fisik. Seperti membeli properti untuk disewakan misalnya. OKB bisa mendapatkan pendapatan pasif dari penyewaan properti miliknya. Atau bisa juga untuk investasi lain yang juga menghasilkan seperti nomor 5 dibawah ini.

5. Mendirikan Usaha

Kini setelah kaya, pastinya modal untuk membuat usaha sendiri telah tersedia. Jangan sia-siakan kesempatan ini, karena tidak sedikit orang yang harus berhutang untuk modal usahanya. Tinggal dihitung saja modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha yang ingin kamu mulai. Disini jasa konsultan keuangan juga sangat berguna.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like