Cara Menghilangkan Noda Tinta Spidol Permanen

JogjaUpdate.com (25/6/17), Noda akibat tetesan tinta bisa terjadi dimana-mana, mulai dari baju, karpet, bantal, bahkan dinding. Walaupun cuma sedikit, noda ini sangat kelihatan dan mengganggu. Dan menghilangkan noda tinta tidaklah mudah, apalagi noda dari tinta spidol permanen.

Yang harus diketahui adalah bahan dasar untuk membuat tinta spidol permanen ini. Untuk tinta ini biasanya menggunakan bahan dasar minyak, sehingga tidak bereaksi terhadap air. Untuk itu, berikut ini ada beberpa cara untuk menghilangkan noda tinta spidol permanen dengan efektif:

1. Alkohol

Alkohol ini akan bereaksi pada tinta yang berbahan dasar minyak, sehingga bisa digunakan untuk membersihkannya. Usapkan sedikit alkohol pada kain bersih, lalu tekan-tekan pada bagian yang terkena noda tinta tersebut. Usahakan untuk mencoba pada area kecil, baru diterapkan pada noda yang lebih luas.

2. Cuka Putih

Cuka putih bisa menjadi alternatif pengganti alkohol untuk menghilangkan noda tinta pada karpet atau logam. Sebelumnya, tes dahulu larutan cuka putih dengan air pada noda di bagian kecil. Setelah yakin bisa mengangkat noda tersebut, baru tuangkan larutan ini pada noda yang lebih besar kemudian tepuk-tepuk menggunakan handuk bersih.

3. Hairspray

Hairspray atau cairan penyemprot rambut, biasanya memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Atau beberapa produk semprot lainnya yang juga mengandung alkohol, seperti parfum. Namun untuk penggunaan pada dinding atau bahan berlapis cat harus lebih berhati-hati, karena bisa membuat cat terkelupas. Cara menggunakannya sama seperti alkohol maupun cuka putih.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like