Tips Menghindari Makan Berlebihan

JogjaUpdate.com (25/10/17), Merasa berat badan tidak turun-turun? Bahkan malah naik? Mungkin bisa saja karena makan berlebihan. Pola makan berlebihan yang tidak terkendali bisa jadi alasan utama mengapa berat badan terus naik. Banyak yang menyarankan untuk mengurangi makan untuk menurunkan berat badan.

Banyak orang menyarankan jangan banyak-banyak makan dan pilih makanan sehat. Tapi pastinya menahan diri dari godaan makan enak bukanlah hal yang mudah. Apalagi seperti nasi padang lauk rendang yang dibungkus, pasti nasinya banyak banget. Bisakah menghindari godaan makan enak?

Sebenarnya tidak sesusah itu menghindari makan berlebihan, semua dimulai dari kebiasaan. Berikut ini ada 5 tips menghindari makan terlalu banyak menurut yang dimuat HelloSehat.com:

1. Kenali rasa lapar palsu

Mungkin kamu merasa lapar setiap saat sehingga ingin terus menerus makan dengan porsi berlebihan. Padahal bisa saja itu hanya sekedar lapar mata saja, atau False Hunger. Rasa lapar yang seperti ini bisa datang ketika merasa bosan, marah, dan sedih. Otak akan menjadikan makanan sebagai pelarian, dan berat badan pun terus naik.

Hal ini bisa diatasi dengan membuat catatan kapan mulai terasa lapar dan makan dengan porsi banyak. Tuliskan apa yang kamu rasakan saat itu, apakah sedih, stres atau tertekan. Dengan catatan ini kamu kedepannya bisa tahu apa yang memicu rasa lapar datang, dan tahu mana rasa lapar beneran atau tidak.

2. Makan dengan perlahan

Jika rasa lapar datang, jangan langsung buru-buru melahap makanan. Kebiasaan ini akan membuat porsi makan terus berlipat-lipat lebih banyak. Karena perut membutuhkan waktu 12-20 menit untuk memberitahu otak apakah sudah penuh atau belum. Jika buru-buru melahap makanan, perut akan terlambat mengirimkan sinyal.

3. Jangan melewatkan waktu makan

Banyak yang beranggapan, menghindari makan agar tidak mengkonsumsi makanan berlebihan. Bila ini dilakukan, malah yang terjadi sebaliknya, nafsu makan akan meningkat saat bertemu waktu makan selanjutnya. Yang terjadi adalah balas dendam, dengan makan berlebihan setelah melewatkan jam makan.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dimuat British Journal of Nutrition. Diungkapkan jika orang yang makan 3 kali dalam sehari memiliki kepuasan terhadap makanannya dan punya rasa kenyang hingga 24 jam. Sementara yang makan hanya 2 kali sehari, rasa kenyangnya tidak akan bertahan lama.

4. Sediakan snack sehat

Cara menghindari tidak makan berlebihan adalah dengan mengkonsumsi camilan. Namun jangan sembarang makan camilan, pilihlah yang sehat dan juga mengenyangkan. Kamu bisa mengkonsumsi 2 jam sebelum waktu makan. Saat waktu makan tiba, kamu bisa mengurangi konsumsi karbohidrat.

5. Atur porsi dan jadwal makan rutin

Jadwal makan yang rutin bisa membantu untuk mengendalikan nafsu makan, sehingga lambung terbiasa dengan waktu-waktu makan tertentu. Ini juga bisa menghindari munculnya lapar palsu. Selain jadwal makan, porsi juga harus diatur. Bisa menggunakan wadah khusus berukuran kecil untuk membiasakan diri dan mencegah makan berlebihan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like