5 Tips Mencegah Minyak Tak Meletup Saat Menggoreng

JogjaUpdate.com (24/08/2019), Salah satu masalah dalam menggoreng adalah minyak meletup-letup saat panas. Tidak semua orang tahu cara mengakali agar minyak tak meletup saat menggoreng.

Mau tidak mau menggoreng akan memakai minyak goreng dan sejenisnya. Namanya juga menggoreng, jika tidak pakai minyak namanya sangrai.

Masalah minyak panas meletup memang menakutkan bagi banyak orang. Karena memang sakit dan mengagetkan jika terkena cipratan minyak panas.

Tempe Garit
Tempe Garit

Berikut ini 5 tips mencegah tak meletup saat menggoreng.

1. Gunakan minyak baru

Minyak goreng yang sudah terpakai, kemungkinan akan tercemar oleh penggorengan sebelumnya. Bahkan bisa jadi tercampur dengan air.

2. Wajan bersih dan kering

Pastikan wajan yang kotor atau baru saja dipakai bisa saja terkotori beberapa residu. Jika mencuci lebih dulu, pastikan wajan sudah kering sebelum dipakai.

3. Perhatikan suhu api

Suhu api jadi salah hal penting saat menggoreng. Api yang terlalu panas bisa membuat minyak meletup ketika bahan makanan dimasukkan.

4. Taburi minyak dengan tepung kering atau garam

Cara ini banyak dipercayai membuat minyak tak meletup ketika memasukkan bahan masakan. Atau melumuri bahan makanan dengan tepung kering sebelum digoreng juga bisa.

5. Tutup wajan

Cara paling mudah untuk tidak terkena letupan minyak panas adalah memakai penutup wajan. Bisa juga dijadikan tameng untuk melindungi diri.

Baca Juga : Ini 3 Cara Membuat Daging Ayam Kampung Cepat Empuk dan Lunak

Itulah 5 tips mencegah minyak tak meletup saat menggoreng makanan. Semoga berguna.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like