Inilah Beberapa Hal Penyebab Mata Kering

JogjaUpdate.com (25/8/17), Ada bermacam gangguan pada mata yang membuat aktivitas sehar-hari jadi tidak nyaman. Salah satunya adalah mata kering, yang akhirnya bisa memicu masalah mata lainnya. Ada beberapa hal pemicu dan penyebab mata kering yang sering tidak disadari.

Banyak yang tidak sadar kalau mereka mengalami mata kering, terutama para pengguna lensa kontak. Selain penggunaan lensa kontak, berikut ini ada beberapa pemicu dan penyebab mata kering yang dimuat Tribunnews.com (25/8/17):

1. Penuaan

Mata kering ini banyak dialami oleh orang-orang yang telah berusia lanjut. Hal ini karena produksi air mata yang menurun seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, kelopak mata para usia lanjut juga menjadi kurang sensitif untuk meratakan air mata ke seluruh permukaan mata.

2. Obat-obatan

Mata kering juga salah satu efek samping dari konsums0 obat-obatan jenis tertentu. Misalnya seperti seperti antihistamin, dekongestan, terapi pengganti hormon, antidepresan, obat-obatan hipertensi, obat jerawat minum, kontrasepsi oral, obat-obatan Parkinson, beta blocker, dan diuretik.

3. Lingkungan

Faktor lingkungan memang bukan penyebab utama terjadinya mata kering, namun secara tidak langsung juga ikut mempengaruhi. Tidak hanya itu, lingkungan juga bisa memperparah kasus mata kering. Misalnya seperti, debu, asap, angin, matahari, cuaca kering, tiupan angin panas, berada di tempat tinggi.

4. Aktivitas

Selain beberapa hal diatas, aktivitas yang dilakukan sehari-hari juga bisa memicu bahkan membuat mata kering jadi memburuk. Misalnya: membaca, bekerja di depan layar komputer, menulis, atau aktivitas yang membutuhkan konsentrasi visual lainnya, mata cenderung akan lebih jarang berkedip.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like