Tips Setrika Baju Katun Dengan Mudah dan Cepat

JogjaUpdate.com (27/10/17), Setelah dicuci dan dikeringkan, baju-baju akan lebih rapi lagi kalau disetrika dan dilipat. Meskti terlihat mudah, banyak orang yang malas menyetrika baju. Padahal setrika baju sudah punya, bahkan banyak yang sudah canggih dan memudahkan.

Walaupun terlihat mudah, menyetrika baju ternyata juga tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena beberapa bahan pakaian ada yang membutuhkan penanganan berbeda, seperti bahan katun. Pengaturan setrika baju juga tidak bisa sembarangan, bisa-bisa jadi kusut, mengerut, bahkan warnanya pudar.

Lalu bagaimana cara menyetrika baju katun yang tepat? Menurut yang dimuat Life Hacker (20/10/17), berikut ini ada beberapa tips untuk setrika baju katun dengan mudah, cepat, dan tidak kusut:

1. Atur suhu setrika baju

Setrika baju sekarang sudah memiliki fitur pengaturan suhu yang bisa disesuaikan dengan bahan pakaian. Untuk bahan katun tidak perlu terlalu panas agar bisa membuatnya halus. Jika setrika sudah sampai mengeluarkan asap dan mengkilap, itu tandanya suhu terlalu panas. Turunkan panas setrika melalui pengaturan suhunya.

2. Cairan pelicin

Sudah banyak carian pelicin dan pewangi untuk membantu proses menyetrika baju. Jika tidak ada bisa menggunakan air biasa yang diperjikan sedikit ke baju katun. Air berfungsi untuk melembapkan serat kain yang membuatnya tidak terbakar saat terkena panas setrika. Selain itu membantu mempercepat halus ketika disetrika.

3. Kain penutup

Bukan cuma menyiapkan kain untuk alas setrika baju, namun juga kain penutup. Karena baju katun akan cepat rusak jika terkena suhu panas tinggi secara langsung dari setrika. Karena itu lapisi baju yang hendak disetrika dengan kain khusus, akan lebih baik jika kain dalam kondisi lembap agar bisa menyerap panas dengan baik.

4. Gosok searah serat kain

Pakaian berbahan katun memiliki serat alami yang tidak boleh diperlakukan secara sembarangan karena bisa merusak kekuatan dan kerapiannya. Karena itu perhatikan arah serat katun sebelum memulai menyetrika. Pastikan menyetrika searah dengan serat kain agar tetap awet dan tangan lama.

Selain 4 tips diatas, yang perlu diperhatikan lainnya adalah model dari setrika baju. Hindari penggunaan setrika baju yang didominasi bahan plastik. Perhatikan pula kabel yang digunakan, jangan pilih yang mudah melintir karena bisa menyebabkan korsleting. Atau jika kabel sudah banyak yang melintir, sebaikanya diganti.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like