3 Tips Mudah Mengatasi Android Lemot

JogjaUpdate.com (26/10/17), Smartphone sudah menjadi barang bawaan yang tidak bisa lepas kehidupan sehari-hari. Sebagai perangkat yang sangat dibutuhkan, harus dipastikan smartphone bisa berfungsi dengan baik ketika dibutuhkan. Tapi kadang-kadang muncul masalah, seperti Android lemot.

Lemotnya kinerja smartphone ini sering ditemui pada perangkat Android, terutama perangkat yang sudah mulai berumur. Ada beberapa penyebab kenapa Android lemot, yang paling sering ditemui adalah penuhnya memory dan cache. Untuk mengatasinya, berikut ini ada beberapa tips yang akan membantu:

1. Hapus cache di smartphone

Sebagai penyebab Android lemot, cache harus dihapus jika sudah mulai menumpuk banyak. Caranya tinggal masuk ke menu “Setting” > “Storage & Memory” > “Storage & USB Option”. Lalu masuk pada menu “Internal Storage” > “Cache Data”. Begitu muncul pertanyaan “Clear Cache Data?” pilih “OK”.

 

2. Hapus cache di aplikasi 

Cache bukan hanya diciptakan oleh sistem operasi sebagai tempat penyimpanan data sementara, namun juga aplikasi. Beberapa aplikasi bahkan dapat membuat cache sampai ratusan Mb yang akan memenuhi tempat penyimpanan data, misalnya Instagram. Yang akhirnya membuat Android lemot.

Cara menghapusnya hampir mirip dengan diatas, yaitu masuk ke menu “Setting” > “Apps” lalu pilih aplikasi mana yang ingin kamu hapus cache-nya. Misalnya Instagram, pilihlah aplikasinya lalu pilih menu “Storage” > “Clear Cache”. Sampah cache yang dibuat Instagram pun langsung hilang.

 

3. Pakai aplikasi pembersih

Cara mudah lainnya untuk membuat Android lemot jadi lancar lagi adalah menggunakan aplikasi pembersih cache. Aplikasi ini sudah banyak tersedia Google Play Store, kamu tinggal pilih salah satu saja. Beberapa yang banyak digunakan antara lain Clean Master, Cache Cleaner, Power Clean, dan Smart Booster.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like