Tips Cegah Masuk Angin Buat Yang Sering Keluar Malam

JogjaUpdate.com (27/9/17), Pasti kamu mengenal apa itu masuk angin? Penyakit yang susah dijelaskan secara medis dan memiliki penyebab bermacam-macam. Walaupun bukan sakit kritis yang sangat membahayakan, masuk angin sangat mengganggu. Karena itu sebisa mungkin untuk cegah masuk angin daripada menyembuhkan.

Masuk angin sering dikaitkan dengan masuknya banyak udara atau angin ke dalam tubuh. Sering terjadi ketika pergantian musim dari kemarau ke penghujan, juga sebaliknya. Juga sering menimpa orang yang sering keluar malam, apalagi berada di luar ruangan terterpa udara dingin.

Berikut ini ada beberapa tips mencegah masuk angin bagi kamu yang sering keluar malam menurut yang dimuat Kompas.com (26/0/17).

  1. Jangan lupa gunakan jaket yang dapat melindungi tubuh dari terpaan udara dingin. Tidak harus tebal, tapi memiliki lapisan yang dapat menghalau hembusan angin. Terutama bagi yang berkendara sepeda motor, gunakan jaket khusus berkendara. Usahakan agar badan tetap terjaga kehangatannya.
  2. Minum minuman hangat terbukti dapat meredakan dan menghindari berbagai gejala flu, batuk, dan perut kembung. Minuman hangat juga menaikan sirkulasi darah dan meningkatkan metabolisme.
  3. Hindari es, karena dapat meningkatkan risiko flu dan masuk angin. Dengan minum es di kondisi udara dingin dapat mengecilkan pembuluh darah, dan jika terjadi di hidung akan menjadi pilek. Selain itu juga menyebabkan perut kembung karena terjandi kontraksi otot pada selaput lendir di lambung yang menimbulkan gas.
  4. Hindari rokok, karena bisa membuat saluran pernapasan menjadi kering dan rusak. Saluran pernapasan mengandung silia tau rambut halus yang berfungsi mencegah masuknya kuman penyakit.
  5. Hindari permet karet dan soda, yang bisa menyebabkan menelan lebih banyak udara ke dalam lambung. Permen karet dan soda juga menimbulkan gejala dispepsia seperti perut kembung dan sering buang angin.
Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like