Jangan Berteduh di Bawah Pohon Saat Hujan Petir

JogjaUpdate.com (30/9/17), Jangan berteduh di bawah pohon ketika hujan lebat, apalagi banyak petir menyambar. Pohon bukanlah tempat aman untuk berteduh dikala hujan lebat datang. Bukan hanya karena pohon tidak bisa menahan derasnya air hujan yang turun, tapi juga bahaya jika ada petir menyambar.

Seperti diketahui, pohon sering menjadi sasaran dari sambaran petir. Ketika petir menyambar pohon, aliran listrik akan disalurkan ke area sekitarnya bahkan bisa sampai akar-akarnya. Pohon yang basah karena air hujan, adalah penghantar aliran listrik yang kuat. Sehingga resiko tersengat aliran listrik sangat tinggi.

Belum lagi adanya resiko pohon tumbang karena terpaan angin kencang yang sering terjadi saat hujan lebat. Tidak sedikit kejadian pohon tumbang karena diterpa angin kencang di berbagai daerah. Apalagi di musim pancaroba, hujan lebat sering diikuti dengan kehadiran angin kencang.

Ketika hujan deras melanda, jika ingin berteduh dianjurkan untuk ke bangunan yang aman. Akan lebih baik lagi masuk ke bangunan tertutup jika banyak petir yang menyambar. Selain lebih aman dari sambaran petir, juga lebih terjamin tidak basah kehujanan. Asal bangunannya tidak bocor saja.

Namun tetap perlu mewaspadai pohon tumbang jika bangunan berada disekitaran pohon besar saat dilanda hujan angin. Karena banyak kejadian pohon tumbang menjatuhi bangunan setelah dilanja angin kencang. Yang terpenting adalah tetap waspada ketika hujan datang disertai angin kencang maupun petir.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like