6 Tips Agar Kentut Tidak Bau Busuk Lagi

JogjaUpdate.com (5/2/17), Kentut adalah hal yang lumrah bagi manusia, dan tidak ada yang aneh. Begitu juga dengan baunya, sudah biasa kalau kentut itu berbau busuk dan tidak enak. Adakah cara mengatasinya? Karena bau kentut ini mengganggu bagi orang sekitar. Berikut ini 6 tips agar kentut tidak bau busuk lagi:

1. Kurang Makan Berlemak Dan Berminyak

Kandungan lemak dan minyak dalam makanan bisa menyebabkan peningkatan produksi gas dalam usus. Selain itu, ada pula zat pemanis buatan juga membuat kentut bau makin parah.

2. Perbanyak Sayur Dan Buah

Kandungan serat yang kaya pada sayur dan buah ini tidak hanya membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat ini juga membantu membuat mengurangi bau busuk dalam kentut kamu. Sebab serat akan mencegah akumulasi kotoran di usus yang kemudian menghasilkan bau.

3. Hindari Susu Olahan

Makanan atau minuman yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna juga menyebabkan bau kentuk makin busuk. Salah satunya adalah produk susu olahan yang memang membutuhkan waktu lama untuk dapat dicerna dalam tubuh.

4. Hindari Makanan Yang Kaya Akan Sulfur

Makanan yang kaya akan sulfur juga menyumbang bau dalam kentut kamu. Beberapa makanan ini antara lain bawang-bawangan, telur, dan daging merah. Agar kentut tidak bau busuk algi, kurangi makanan-makanan tersebut.

5. Konsumsi Teh Herbal

Kandungan zat alami di dalam teh herbal seperti teh hijau, teh chamomile, atau teh peppermint akan mengurangi bakteri dalam pencernaan. Karena bakteri-bakteri inilah yang membuat bau kentut makin busuk.

6. Perhatikan Cara Makan

Para ahli mengungkapkan kalau 50% produksi gas dalam pencernaan berasal daru udara yang tertekan saat makan atau minum. Untuk itu, perharikan cara makan kamu. Kunyahlah makanan secara perlahan untuk mengurangi udara yang ikut terdesak masuk, agak kentut tidak bau busuk.

Kenapa Kentut Bisa Bau Busuk?

Kentut sendiri terdiri dari kumpulan berbagai gas seperti oksigen, nitrogen, hidrogen, karbon dioksida, dan metana. Pada dasarnya kentut dengan kandungan gas-gas ini tidaklah berbau busuk. Namun jika mendapatkan tambahan Zat Sulfat bakal langsung berbagu busuk. Karena Zat Sulfat ini berasal dari pembusukan bakteri yang ada di dalam perut kamu.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like