Eksplorasi Flora dan Fauna di Museum Biologi UGM

JogjaUpdate.com (20/02/2019), Wisata pendidikan di tengah kota namun tak banyak yang tahu, ya di Museum Biologi UGM. Di tempat ini, kamu bisa eksplorasi dunia flora dan fauna.

Menurut visitjogja.com, di balik berdirinya Museum Biologi ini, ternyata menyimpan cerita yang panjang buah karya guru besar UGM di bidang Biologi.

Baca Juga : Museum Pergerakan Wanita, Jejak Perjuangan Kaum Perempuan Indonesia

Kegigihan dan semangat pantang menyerah dari Prof. Drg. RG. Indroyono dan Prof. Ir. Moeso Soeryowinoto merupakan tonggak awal keberlangsungan Museum Biologi UGM hingga sekarang ini.

Perjuangan menyatukan kedua museum yang mereka miliki adalah bukti otentik kedua guru besar UGM ini mendharma bhaktikan ilmunya bagi masyarakat luas.

Saat awal perintisan museum ini, beliau berdua mengelola secara terpisah, Prof. Drg. R.G. Indroyono dengan museum zoologicumnya, Prof. Ir. Moeso Soeryowinoto menggawangi museum herbarium.

Baca Juga : 8 Museum Di Jogja Yang Mungkin Belum Kamu Kunjungi

Kegigihan beliau berdua akhrinya mendapatkan perhatian dari Dekan Fakultas Biologi Ir. Suryo Adisewoyo, bertepatan dengan Dies Natalis Fakultas Biologi UGM, berkat semangat dan kegigihan kedua sahabat tersebut, pihak Dekanat Fakultas Biologi UGM memberikan apresiasi dengan merenovasi museum ini serta dibuka untuk umum.

Tepat tanggal 20 September 1969 diresmikanlah museum ini oleh Rektor UGM, Prof. Drg. R.G. Indroyono, dan Drs. Anthon Sukahar selaku ketua tim pelaksana. Tanggal 1 Januari 1970 museum ini resmi dibuka untuk masyarakat umum.

Di usianya yang ke-44, Museum Biologi UGM mengalami pasang surut di perjalananannya menjadi salah satu wahana ilmu pengetahuan di wilayah DIY dan sekitarnya.

Dedikasi serta loyalitas terhadap ilmu pengetahuan membuat museum ini terus berdiri, selain itu berkat kerja keras dan semangat untuk bermanfaat bagi masyarakat para pengurus Museum Biologi UGM bertekad untuk terus menjaganya.

Museum Biologi UGM terdiri dari delapan ruangan yang diisi dengan berbagai koleksi diorama yang berisikan jenis-jenis hewan yang telah diklasifikasikan, bahkan ruang selasarnya pun dijadikan ruang pameran yang berisi berbagai macam hewan dari karnivora, herbivora hingga omnivora.

Baca Juga : Museum Di Jogja Yang Belum Banyak Orang Tahu

Jika kamu hendak mengunjungi museum Biologi ini, tidaklah susah. Apalagi lokasinya yang berada di tengah Kota Yogyakarta.

Beralamatkan di Jl. Sultan Agung No.22, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151.

Museum ini buka setiap hari Senin hingga Jumat dari pukul 8.00 hingga 16.00 WIB, kecuali hari Jumat cuma sampai Pukul 15.00 saja.

Baca Juga : Museum RS Mata Dr. Yap, Tersimpan Sejarah Panjang Masa Lalu

Jika kamu punya keminatan khusus di Biologi atau cari museum yang belum pernah dikunjungi, langsung saja ke Museum Biologi UGM ini.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like