Tips Traveling Membawa Koper ke Kabin Pesawat

JogjaUpdate.com (9/3/17), Beberapa hal yang memakan waktu lama ketika berpergian menggunakan pesawat adalah antrian check in. Setelah mendarat pun masih mengantri dan menunggu koper bawaan kita. Dua hal inilah yang membuat orang lebih memilih membawa koper ke kabin pesawat. Namun pastinya banyak aturan untuk bisa membawa barang kamu ke kabin.

Selain lebih mempercepat kamu masuk dan keluar bandara, membawa satu tas ke kabin pesawat juga lebih ringkas. Selain itu juga lebih aman dari pencurian, juga tidak tersasar karena diangkut pesawat lain. Berikut ini ada beberapa tips untuk traveling agar bisa membawa koper ke kabin pesawat:

1. Ukuran Koper

Ada batasan khusus untuk ukuran koper atau tas yang bisa kamu bawa masuk ke kabin pesawat. Secara umum, standar dimensinya tidak boleh lebih dari 56 cm x 36 cm x 23 cm. Namun beberapa maskapai memberikan aturan berbeda untuk beberapa kelas tertentu. Seperti Garuda Indonesia untuk Economy Class CRJ dan ATR, mempunayi batasan ukuran 41 cm x 34 cm x 17 cm.

2. Berat Barang

Setelah ukuran tas atau koper, ada lagi batasan total berat barang yang diperbolehkan. Secaram umum, kebanyakan maskapai membatasi total berat barang yang masuk kabin pesawat tidak boleh melebihi 7 kg. Lebih baik pastikan dulu berat barang yang akan kamu bawa untuk traveling.

3. Benda Terlarang

Selain ukuran dan berat barang, ada juga aturan barang apa saja yang tidak diperkenankan masuk ke kabin. Beberapa benda termasuk gunting, peralatan olahraga, alat-alat berat, lilin dan cairan dalam ukuran besar. Untuk cairan tidak lebih dari 100 ml cairan termasuk aerosol, gel, krim dan pasta. Untuk itu perhatikan juga parfum dan perlatan mandi kamu, pilih mana yang perlu saja.

4. Packing

Karena adanya batasan ukuran koper atau tas, maka kamu harus perhatikan cara packing. Yang pertama cukup bawa pakaian seperlunya saja, begitu juga dengan peralatan mandi. Biasanya hotel tempat menginap menyediakan peralatan mandi, kalau tidak kamu bisa membelinya di tempat tujuan. Untuk jaket atau pakaian penghangat, kenakan saja agar menghemat ruangan dalam koper.

 

Tips Packing

A. Ikat pinggan taruh di paling dasar secara miring mengikuti sisi samping tas. Tapi lebih ringakas kalau kamu kenakan saja.

B. Kalau membawa sepatu pilih yang ringan dan letakan secara bertumpukan.

C. Di dalam sepatu bisa kamu masukan kaos kaki yang telah dilipat menjadi bola kecil.

D. Tempatkan pakaina tebal di bagian paling bawah, seperti jaket atau handuk

E. Diatas sepatu kamu bisa menupuknya dengan pakaian dalam, bawa secukupnya namun jangan sampai kekurangan.

F. Setelah itu kamu bisa menempatkan yang lebih tipis, seperti celana panjang. Kamu juga bisa menggunakan celana panjang sebagai pembungkus barang lain.

G. Di sini kamu bisa menempatkan baju, kemeja atau kaos. Untuk kaos sebaiknya digulung secara kencang untuk menghemat tempat.

H. Di paling atas kamu bisa menempatkan peralatan mandi dan benda cair. Karena diatas memudahkan jika ada pemerikasaan petugas agar tidak membongkar sampai bawah.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like