Kalau Facebook Ditutup, Ini Yang Bakal Bikin Kangen

JogjaUpdate.com (21/04/18), Seperti dilaporkan sebelumnya, Facebook sedang tersangkut masalah pencurian data pengguna. Menanggapi kasus ini, Pemerintah Indonesia mengungkapkan permintaannya kepada Facebook. Kalau permintaan ini tidak disanggupi, risikonya Facebook ditutup atau diblokir dari Indonesia.

Baca: Terkait Pencurian Data, Ini 4 Permintaan Pemerintah Kepada Facebook

Terkait kabar penutupan Facebook ini masih sekadar gosip, belum ada keterangan resmi yang menyebutkan seperti itu. Namun jika benar nanti Facebook ditutup dari Indonesia, pastinya akan dirindukan oleh penggunanya. Dan berikut ini beberapa hal yang akan dirindukan jika tidak bisa mengakses Facebook:

1. Kepo lewat album foto

Hampir semua pengguna Facebook pasti mengunggah foto-fotonya di sana. Apalagi pengguna lama, Facebook sudah menjadi album kenangan tempat melihat kenangan-kenangan lama mereka. Fitur album pun membuat koleksi foto tertata rapi sesuai dengan foldernya.

Album foto di Facebook ini juga jadi sarana kepo untuk orang yang ingin tahu kehidupan orang lain. Dari masa lalunya seperti apa, tampang masa lalunya hingga apa kegiatan orang tersebut. Jika akses ke Facebook ditutup, maka menyulitkan untuk kepo masa lalu seseorang.

2. Fan Page dan Group

Fitur lain yang bakal dirindukan adalah Fan Page dan Group, atau halaman khusus yang menyatukan orang-orang dengan minat yang sama. Dari komunitas, hobi, artis idola, hingga jual beli banyak memanfaatkan Fan Page dan Group sebagai ajang komunikasi.

Dari Fan Page dan Group inilah banyak orang ketemu dengan orang lain yang memiliki kegemaran yang sama. Diskusi dan membahas apa yang mereka sukai, hingga transaksi jual beli. Terutama buat Group yang setiap anggotanya bisa berkontribusi dalam meramaikan group tersebut.

Baca: 5 Hal Yang Bikin Kangen Anak Warnet Era 2000-An

3. Birthday Riminder

Siapa yang masih mencatat ulang tahun temannya lalu saat tiba harinya akan mengucapkan selamat? Hal ini sudah dipermudah oleh Facebook sejak lama dengan adanya fitur Birthday Reminder. Fitur ini akan memberikan notifikasi siapa hari ini yang ulang tahun, dan kamu bisa langsung mengucapkan selamat.

4. ICJ

Adalah info cegatan jogja, sebuah Group Facebook yang fenomenal dengan anggota lebih dari 800 ratus ribu. Beragan informasi terkini dari anggotanya dibagikan dalam group ini. Dari kecelakaan jalan raya, kondisi lalu lintas, hingga kejadian unik yang mereka temui.

Semua informasi yang dibagikan di di group ICJ ini termoderasi oleh para admin dan moderatornya. Saking cepatnya informasi di group ini, tidak jarang media daerah hingga nasional menggunakan ICJ sebagai sumber informasinya.

Baca: Kegalauan Yang Cuma Bisa Dirasakan Gamer Jaman Dulu

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like