Jangan Lupakan Pendinginan Setelah Olahraga

JogjaUpdate.com (4/7/17), Sebelum memulai olahraga, biasanya diawali dengan pemanasan terlebih dahulu. Dan setelah selesai pun, sebaiknya jangan lupakan pendinginan. Karena ternyata pendinginan setelah olahraga tidak kalah pentinggnya.

Sayangnya, seringkali banyak orang melupakan pendinginan ketika usai berolahraga. Padahal ia telah memulainya dengan pemanasa yang baik. Padahal penginginan juga ikut mnentukan sukses tidaknya program olahraga yang dilakukan.

Contohnya, bila kamu akan melakukan lari maraton dengan persiapan yang terbatas kemudian menjadi sulit berjalan keesokan harinya. Otot paha depan atau quadricep terasasa nyeri. Hal buruk ini ternyata bisa dihindari dengan melakukan pemanasan dan pendinginan.

Seperti yang dirilis Liputan6.com, sesi pemanasan bertujuan mempersiapkan tubuh oto, dan pikiran agar siap untuk berolahraga. Sedangkan sesi pendinginan bertujuan untuk membantu tubuh dan otot kembali pulih ke keadaan normal setelah berolahraga.

Menurut Times of India, melewatkan sesi pendingan setelah olahraga juga bisa menyebabkan tekanan darah turun drastis. Kondisi ini bisa menyebabkan stres pada jantung, pusing, bahkan hingga pingsan. Dengan sesi pendinginan, membuat detak jantung dan suhu tubuh turun secara perlahan.

Untuk latihan kekuaran atau strength training, pendinginan akan membantu melepaskan lactic acid. Jika tidak lepaskan, akan menyenankan nyeri otot dan bengkak. Pendinginan juga membantu pikiran rileks, otot dan sistem fisiologis tubuh pun ikut menjadi tenang.

Karena pentingnya pendinginan setelah berolahraga ini, maka jangan lupakan. Setidaknya sediakan sesi pendinginan sekitar lima menit. Namun jika detak jantung masih dirasakan terlalu cepat, cobalah bergerak ringan lebih lama lagi.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like