Ingin Bersemangat? Bergaulah Dengan Orang Bahagia

JogjaUpdate.com (3/10/17), Jebul suasana hati seseorang bisa dipengaruhi lingkungan sekitar. Jika orang sekeliling mearasa gembira, bersemangat, atau sebaliknya, cemas dan pesimis, akan mempengaruhi seseorang. Jadi jika ingin bersemangat dan positif, bergaulah dengan orang bahagia.

Kenapa demikian? Padahal seharusnya kita berteman dengan berbagai jenis orang? Menurut sebuah studi terbaru memang menunjukan pergaulan dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Bergaul dengan orang-orang bahagia, akan membuat seseorang ikut berbahagia juga.

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Royal Society Open Science menyebutkan, kegembiraan atau kesedihan bisa ditularkan melalui pertemanan. Penularan perasaan gembira atau sedih ini bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari secara hubungan di dunia nyata maupun secara online.

Dalam penelitian terhadap 2.194 pelajar di Amerika Serikat, mengungkap bahwa anak-anak yang berteman dengan anak lain yang mengalami bad mod cenderung mengalami emosi yang sama. Begitu juga jika anak memiliki teman yang bergembira, kegembiraan ini akan menular.

Emosi yang juga termasuk dalam gejala depresi seperti perasaan kelelahan, tidak berdya, dan kurang minat, juga memiliki pola sama. Para ahli menyebut kejadian ini sebagai “penularan sosial”. Meski begitu, merasakan emosi yang sama dengan orang di sekitar ternyata hal yang normal. Jadi, kita tidak perlu menghindar dari teman tersebut.

Alangkah baiknya, kamu malah bisa jadi sumber energi kegembiraan bagi orang lain yang mungkin sedang depresi. Jangan sampai tertular kesedihan, namun tularkanlah kebahagiaan. Penelitian menunjukkan, olahraga, tidur cukup, dan pengendalian stres, merupakan cara yang ampuh untuk mengurangi gejala depresi.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like