7 Wisata Tengah Kota Jogja

JogjaUpdate.com (25/4/17), Mau liburan di Kota Jogja, tapi kurang waktu untuk berkeliling jauh. Atau cuma mau berwisata di tengah-tengah kota saja? Tenang, kota Jogja tidak pernah kehabisan lokasi wisata. Berikut ini ada 7 tujuan wisata tengah Kota Jogja yang bisa kamu kunjungi:

1. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka mempunyai berbagai macam koleksi satwa dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Sekitar 470 satwa ada di Kebun Binatang Gembira Loka ini, mulai dari mamalia, reptil hingga bermacam burung. Ada pula beragam wahana bermain hingga pendidikan seperti Museum Gembira Loka

Lokasi Kebun Binatang Gembira Loka ini di Jl. Kebun Raya No. 2, Kotagede. Untuk harga tiketnya Rp 25.000 atau Rp. 30.000 untuk Weekend atau hari libur. Kebun Binatang ini buka setiap hari dari pukul  07.30 hingga pukul 17.30 WIB.

2. Taman Pintar

Seperti dengan namanya, Taman Pintar ini menyajikan beragam wahana pendidikan. Taman Pintar ini memiliki wahana ekspresi, apresiasi, kreasi sains yang diklaim terbaik se-Asia Tenggara. Tidak hanya untuk anak, wahana pendidikan di sini juga terdapat beragam tingkatan bahkan hingga perguruan tinggi.

Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa menemukan beragam arena bermain ramah anak. Sehingga tidak hanya untuk belajar tapi juga tempat untuk bermain. Taman Pintar Yogyakarta ini berlokasikan di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, buka dari pukul 09.00 – 16.00 WIB. Untuk tiket masuknya tersedia beragam, tergantung area mana yang ini kamu masuki.

 

3. Museum Anak Kolong Tangga

Yang satu ini termasuk museum baru, yang baru dibuka untuk umum pada 2 Februari 2008. Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga atau Museum Anak Kolong Tangga ini merupakan museum mainan pertama dan satu-satunya di Indonesia. Terletak di Gedung Taman Budaya Yogyakarta Lantai 2, Jalan Sriwedani no. 1 Yogyakarta.

Koleksi musem ini bukan hanya mainan dan permainan tradisional, namun juga segala sesatu yang berkaitan dengan dunia anak. Saat ini museum ini memiliki lebih dari 16.000 koleksi, terdiri dari mainan, permainan, buku cerita, poster, gambar, dan lain-lain dari Indonesia dan berbagai negara lain. Namun karena terbatasnya ruangan, yang dipajang hanya sekitar 500 koleksi saja.

 

4. De Mata Trick Eye Museum

Ada yang menyebut ini wahana ada juga yang menyebut museum. Namun yang pasti di De Mata Trick Eye Museum ini memiliki koleksi berbagai macam gambar 3 dimensi yang membentuk ilusi optik. Kalau dilihat sih biasa saja, namun jika bergeser ke sudut yang tepat ilusinya bakal terlihat. Kamu bisa berfoto-foto ria menggunakan karya-karya ilusi optik tersebut.

Sebagian besar yang tersimpan disini merupakan karya dari Petrus Kusuma. Berlokasikan di lantai basement Gedung Umar Kayam, XT Square yang aman dari hujan. Pastinya liburan kamu tetap aman walaupun hujan datang.

Terbang mana ta??

A post shared by Hanna Chairunnisa (@hannalubiss) on

 

5. De Arca Statue Museum

Jika di De Mata Trick Eye Museum disuguhi ilusi optik, disini kamu mendapatkan yang berbeda. Di De Arca Statue Museum ini kamu bakal bertemu dengan tokoh-tokoh ternama seperti Soekarno, Affandi,Tony Stark, Adolf Hitler, Albert Einstein, dan lain-lain. Tokoh-tokoh tersebut hadir dalam patung-patung yang berukuran seperti aslinya.

Iya, Mirip dengan museum patung lilin Madam Tussauds yang tersohot itu. Berlokasikan satu kompleks dengan De Mata Trick Muesum, De Arca Statue Museum ini jelas aman dari hujan. Seluruh patung-patung di sini merupakan karya dari Dunadi, seniman Jogja yang terkenal dengan patung realistisnya.

?? #dearcastatueartmuseum

A post shared by Riyánsep (@riyansep) on

 

6. Museum Sonobudoyo

Menempati bangunan arsitektur klasik Jawa, museum ini salah satu yang ternama dan terbesar di Jogja. Museum ini menyimpan koleksi mengenai budaya dan sejarah Jawa yang dianggap paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Museum ini menyimpan keramik zaman Neolitik dan patung perunggu dari abad ke-8, ada pula macam-macam wayang dan senjata kuno.

Berlokasikan di Jalan Pangurakan No. 6, Museum Sonobudoyo ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 15.30 WIB keduali hari Jumat cuma sampai 14.00 WIB. Selain itu juga ada pagelaran wayang dimalam hari pukul 20.00 hingga 22.00 WIB setiap hari Senin hingga Sabtu.

 

7. Malioboro

Jalanan legendaris di tengah Kota Jogja ini selalu menjadi magnet bagi wisatawan dari berbagai daerah maupun manca negara. Sepanjang jalan Malioboro ini dipadati oleh pedagang oleh-oleh dan cindera mata khas Jogja. Dan kini Kawasan Malioboro ini telah mulai berbenah diri dengan lebih ramah pada pejalan kaki. Kawasan pedestrian atau trotoar yang luas, dan banyak tempat duduk untuk istirahat wisatawan.

Abaikan anak berbaju hijau, bukan anak saya.. Hahahahahaha #jogjaistimewa #malioboro

A post shared by Yusuf Ridho (@edo_08) on

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like