Apakah Semir Bisa Membuat Ban Awet?

JogjaUpdate.com (10/8/17), Hampir semua orang pasti menginginkan kendaraanya selalu tampil bersih konclong mengkilat seperti baru. Sehingga banyak yang melakukan perawatan ekstra, baik motor atau mobil. Termasuk pada ban yang disemir agar tampak bersih dan awet. Benarkan semir bisa membuat ban awet?

Adakah pengaruh pemberian semir dengan keawetan ban? Menurut yang dimuat Liputan6.com, Zulpata Zaenal, Proving Ground Manager PT Bridgestone Tire Indonesia membernarkan hal tersebut. Diungkapkannya semir dapat mengindari ban dari kerusakan seperti retak-retak halus.

Zulpata Zaenal mengungkapkan perlunya pemberian semir pada ban. “Sangat perlu dikasih ‘semir ban’ biar mengkilap serta menghindari kerusakan ozone cracking, atau retak-retak halus pada dinding ban. Kerusakan ini akibat proses alami, dinding ban kena panas terus hujan, kadang udara panas, kadang lembab,” ungkapnya.

Terkait pemilihan jenis semir ban, Zulpata Zaenal membolehkan merk apa saja asalkan bahannya mengandung silicone. Perbedaan yang menandung silicone atau tidak terdapat pada aromanya. “Prinsip kerjanya sama, untuk mengkilapkan dan menutupi pori-pori yang terbuka,” tambahnya.

Namun juga ditambahannya, pemberian semir ini tidak boleh berlebihan. Bagian yang perlu disemur hanya dinding ban saja, tidak perlu sampai permukaan. Karena jika pada permukaan ban terkena semir akan menjadi licin dan kendaraan kehilangan traksi. “Yang dikasih semir ban atau silicone cair hanya lapisan dinding luar dan dalam, permukaan ban tidak perlu,” pungkas Zulpata.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like