Tak Hanya Kurangi Polusi, Ini 4 Manfaat Lain Lidah Mertua

JogjaUpdate.com (02/08/2019). Sansevieria atau lebih dikenal dengan nama Lidah Mertua, disebut-sebut punya manfaat dalam melawan polusi. Namun ternyata masih banyak manfaat lain dari tanaman ini.

Dengan nama yang unik, tanaman ini dapat tumbuh dengan kondisi air yang sedikit. termasuk dapat bertahan dengan sedikit sinar Matahari.

Manfaat paling populer Sanseviera ini adalah menyerap banyak racun dan unsur berbahaya. Seperti karbondioksida, benzene, formaldehydem dan trichloroethylene.

Baca Juga : Ragam Jenis Tanaman Yang Bikin Rumah Nyaman Dan Asri

Karena itu tanaman ini dipercaya dapat melawan polusi udara dan menyerap racun yang bertebaran di udara. Sehingga lingkungan menjadi lebih sehat.

Namun manfaat Lidah Mertua bukan cuma itu saja. Ada manfaat lainnya yang harus kamu ketahui. Apa saja? Simak berikut ini.

1. Tanaman Hias dan pagar semi permanen

Pastinya dengan daun hijau, tanaman ini bisa jadi hiasan termasuk pagar semi permanen. Baik itu di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Bentuknya yang kaku menjulang ke atas membuatnya hemat tempat dan bisa menjadi pagar di luar ruangan atau pembatas di dalam ruangan.

2. Menyerap Radiasi

Tanaman ini juga dipercaya mampu menyerap radiasi, termasuk dari peralatan elektronik. Dari komputer, TV, sound system, dan barang elektronik lainnya.

Karena itu Lidah Mertua juga sering dijadikan dekorasi bersanding dengan barang-barang elektronik. Warnanya yang hijau juga cocok di dalam rumah.

3. Mengurangi Sick Bulding Syndrome

Polutan dan radiasi di dalam ruangan bisa menimbulkan sick building syndrome. Sehingga seseorang merasa sakit kepala, iritasi mata, hidung, dan tenggorokan.

Juga merasa mual dan lelah karena paparan polutan dari sistem pemanas, ruangan, ventilasi, dan AC yang kurang baik. Polutan ini bisa diserap oleh adanya Lidah Mertua.

4. Obat kulit

Sudah sejak dulu, tanaman ini dipercaya sebagai obat luar yang mujarab. Terutama untuk sakit kulit dan gigitan binatang berbisa.

Tinggal ambil helai daun ini, kemudian cuci bersih kemudian tumbuk halus. Setelahnya tempelkan pada luka yang mau diobati.

Baca Juga : 5 Tanaman Hias Untuk Dalam Ruangan

Itulah manfaat lain Lidah Mertua selain melawan polusi udara. Nampaknya tanaman ini bakal populer ada di mana-mana.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like