Buat Pria, Hati-hati Kantongi HP Di Saku Celana

JogjaUpdate.com (2/8/17), Tidak sedikit yang menyimpan handphone (HP) di kantong celana, karena praktis dan mudah diaksesnya. Namun ternyata tidak bisa sembarangan menyimpan hp ini. Dan jebul cara kantongi HP di saku celana ini ada resiko berbahayanya, terutama bagi pria.

Seperti diketahui, hanphone atau sekarang lebih banyak smartphone, memiliki radiasi elektromagnetik. Karena memang handphone sendiri menggunakan gelombang elektromagnet sebagai saluran penghubung dengan operator. Dan memang radiasi dari gelombang elektromagnetik ini dapat berpengaruh pada tubuh.

Menurut yang dimuat tribunnews.com, ada beberapa penelitian yang mengatakan paparan radiasi jangka panjang dari ponsel yang diletakkan dekat alat kelamin pria dapat merusak sperma. Salah satunya adalah menurunkan jumlah sperma. Hal ini tentu saja harus dihindari bagi pria yang masih ingin menjadi ayah.

Sedangkan penelitian lainnya, menyebutkan radiasi ponsel bisa merusak DNA sperma. Setidaknya ada 10 studi yang dikaji dan diteliti 1.492 sampel sperma manusia. Akan tetapi hasil dari penelitian-penelitian ini masih menjadi perdebatan. Karena belum ada penelitian yang bisa membuktikan secara pasti radiasi elektromagnetik dapat merusak sperma.

Banyak para ahli dan peneliti yang masih memperdebatkan radiasi HP dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Ada sejumlah penelitian yang mempunyai bukti, walaupun resikonya masih kecil. Namun dengan adanya penelitian-penelitian ini, membuka mata dunia mengenai bahaya radiasi HP.

Dan perlu diketahui, pada tahun 2011 radiasi ponsel bahkan masuk daftar yang dicurigai bersifat karsinogen 2B atau dapat menyebabkan kanker oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Sehingga munculah peringatan untuk lebih berhati-hati dalam menyimpan HP, apalagi membawanya saat tidur.

Solusi Terbaik Menyimpan HP

Menurut yang dimuat JalanTikus.com, solusi terbaik dalam menyimpan HP agar meminimalisir radiasinya adalah menyimpannya di tempat lain. Misalnya di dalam tas, diletakkan di meja, atau tempat yang jauh dari tubuh ketika tidak sedang digunakan. Tidak disarankan untuk mengantonginya di celana dalam jangka waktu panjang.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like