Selama 2017, Warganet Indonesia Lebih Menyukai Konten Lokal

JogjaUpdate.com (15/12/17), Menjelang berakhirnya tahun 2017 ini, Google Search tidak mau ketinggalan merangkum keramaian warganet sepanjang tahun ini. Menurut Year in Search 2017 yang dirilis Google, ternyata warganet Indonesia lebih menggemari konten lokal di Internet.

Year in Search 2017 merupakan darfar pencarian-pencarian terpopuler di Indonesia sepanjang tahun 2017 ini. Daftar perncarian yang dilakukan warganet Indonesia ternyata didominasi pencarian konten lokal. Sebut saja mulai dari resep ayam geprek hingga fenomena om telolet om.

Menurut yang dimuat Kompas.com (14/12/17), Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen mengungkapkan warganet Indonesia haus akan konten lokal. “Orang Indonesia benar-benar haus konten dan kreativitas lokal, entah lagu lokal atau film lokal. Saya pikir hal ini akan membantu membuat web menjadi lebih bernuansa lokal,” ujar Tony Keusgen.

Diungkapkan, tidak semua negara sedemikian getolnya mencari konten lokalnya sendiri di internet. Products Communications Head Google Indonesia Putri Silalahi mengambil negara tetangga, Singapura, sebagai pembanding. Menurutnya, pencarian di Singapura lebih cenderung berhubungan dengan topik internasional.

Hal ini berbeda sekali dengan yang terjadi di Indoneisa, dimana konten lokal lebih mendominasi pencarian di search engine Google. Menurut Putri, bisa saja terkait dengan penggunaan bahasa. “Mungkin karena mereka berbahasa Inggris. Kalau di Indonesia, semakin lokal semakin viral,” kata Putri.

Ada dua kriteria yang digunakan Google untuk menentukan pencarian mana yang populer atau tidak. Pertama adalah pencarian yang menimbulkan lonjakan sangat tinggi di trafik search engine dalam waktu singkat. Misalnya tentang tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto.

Kriteria kedua adalah pencarian yang konsisten menimbulkan ketertarikan di kalangan warganet sepanjang tahun dari bulan Januari hingga Desember 2017 ini. Untuk dapat mengetahui apa saya pencarian populer warganet Indonesia sepanjang tahun 2017 ini, kamu bisa mengunjungi halaman google.co.id/2017.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like