Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus Dari Dalam Rumah

JogjaUpdate.com(01/04/18), Tikus adalah hama yang sangat menyebalkan, apalagi jika sampai masuk ke dalam rumah. Tidak hanya menimbulkan banyak kerusakan, tikus juga membawa bau yang tidak sedap. Dari kotoran dan air seninya, terutama bau bangkai tikus yang sangat mengganggu.

Baca: Tips Sederhana Mengusir Serangga Dari Rumah

Banyak yang mengatasi masalah tikus di dalam rumahnya dengan mengandalkan racun. Masalahnya, setelah diracun seringnya tikus mati ditempat yang tersembunyi. Tidak tau mati dimana, tapi bau bangkai tikus merebak ke seluruh bagian rumah.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bau bangkai tikus dari dalam rumah? Berikut ini caranya:

  1. Deteksi di mana sumber bau bangkai tikus ini berada. Caranya? Manual dengan mengendus-ngendus aromanya mencari di mana keberadaannya.
  2. Jika kesulitan, coba perhatikan lalat yang berkeliaran di dalam rumah. Biasanya lalat ini tidak akan jauh dari sumber bau tidak sedap.
  3. Perhatikan juga plafon/eternit, bisa jadi tikus mati disana. Bangkai tikus biasanya akan mengeluarkan cairan yang meresap dan mengotori plafon.
  4. Ketika menemukan bangkai tikusnya, jangan sentuk dengan tangan kosong. Gunakan sarung tangan lalu masukan ke kantong plastik, ikat kuat kuat dan buang bersama sarung tangannya.
  5. Cara lein selain dibuang, bangkai tikus bisa juga dikubur dalam tanah. Namun jika kurang dalam menguburnya berisiko dibongkar kucing atau anjing.
  6. Ketika bangkai telah diurusi, kini saatnya mengatasi bau yang masih tertinggal di dalam rumah.
  7. Tuangkan cairan karbol pada lokasi bekas bangkai tikus tadi dan diamkan selama 15 menit. Selain menetralkan bau, cairan karbol juga mengatasi belatung yang mungkin tertinggal.
  8. Sikat tempat tadi lalu bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan lap. Jika masih tercium bau tidak sedap, bisa diulangi lagi.
  9. Jika lokasi berada di lantai, kamu bisa mengepelnya dengan cairan pembersih lantai. Jika kamu bisa menyemprotkan cairan karbol ke area plafon.
  10. Untuk membantu penyerapan bau tidak sedap secara alami kamu bisa memanfaatkan campuran air dan detergen atau cuka. Taruh campuran ini di sekitar sumber bau.

Itulah tadi cara menghilangkan bau bangkai tikus dari dalam rumah. Semoga bermanfaat dan jangan malas membersihkan rumah, agar tikus tidak datang lagi.

Baca: Tips Mencegah Tikus Bersarang Di Mobil

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like