4 Kuliner Kulonprogo Yang Harus Kamu Coba

JogjaUpdate.com (2/3/17), Kabupaten Kulonprogo ini seperti sebuah zamrut yang tersembunyi. Berbagai macam wisata alam ada namun masih belum sepopuler daerah lainnya. Untuk urusan kuliner pun tidak kalah, kawasan ini juga mempunyai banyak makanan enak. Dan berikut ini kamu kumpulkan 4 kuliner Kulonprogo yang harus kamu coba.

1. Sate Mbah Margo

Sate ini merupakan sate kambing legendaris di wilayah Kulonprogo, yang harus kamu coba. Mbah Margo Utomo sendiri telah memulai berjualan sate kambing sejak 1945 dengan cara dipikul keliling desa. Sekitar tahun 1965, dia membeli sebuah rumah yang juga difungsikan sebagai warung satai. Sate Mbah Margo ini terletak di Dusun Boto Wetan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan.

Keistimewaan Sate Mbah Margo ini pada racikan bumbunya yang membuat daging menjadi lebih gurih dan berbau sedap. Karena kelezatan satenya ini, warung Sate Mbah Margo terkenal ke seantero Kulonprogo hingga Jogja. Menurut kabar, salah satu penggemar sate kambing ini adalah kalangan Keluarga Pakualaman.

 

2. Soto Kewer

Soto merupakan makanan yang sangat populer ke penjuru nusantara. Dan Kulonprogo juga punya soto yang tidak kalah enak dan harus kamu coba. Namanya adalah Soto Kewer yang berlokasikan di Jalan Pengasih-Wates,Komplek Kios Pasar Legi Pengasih atau tepatnya di depan SMK Negeri 1 Pengasih.

Menurut penjualnya, nama Kewer sendiri dari singkatan Komplit Enak Wareg Ekonomis Regane. Memiliki cita rasa khas soto dengan perpaduan rempah-rempah dan kuah yang segar siap menggoda lidah kamu. Porsi penyajiannya pun juga pas, tidak terlalu sedikit namun cukup mengenyangkan.

#Break #NyotoDulu..

A post shared by Bagus Loka (@soto_kewer) on

 

3. Warung Gule Sawah

Sama halnya dengan Sate Mbah Margo, warung ini juga menawarkan menu dengan bahan dasar daging kambing. Dinamakan sebagai Warung Gule Sawah karena memang lokasinya berdampingan dengan persawahan. Warung Gule Sawah ini berada di Jl. Tentara Pelajar, Kel. Terbah Beji, Wates, Kulonprogo.

Tentu saja beragam pilihan menu daging kambing tersedia, seperti sate dan Lelung atau Gule Balung. Dan memang menu andalannya adalah Gule Balung atau Lelung tersebut. Dengan racikan rempah-rempah sendiri dengan daging pilihan yang empuk dan tidak prengus, Warung Gule Sawah ini harus dicoba.

 

4. Bakmi Jawa

 

Salah satu yang ternama dari Kulonprogo adalah Bakmi Jawa, banyak yang enak-enak di sana. Beberpa yang dijamin enak, yang pertama Bakmi Jawa Pak Yatin di depan Pasar Water. Yang Kedua adalah Bakmi Jawa Pak Sugeng berlokasikan di depan Taman Binangun, Pengasih. Ketiga ada Bakmi Jawa Gadingan berlokasikan di Jalan Gadingan.

Bakmi Jawa keempat adalah Bakmi Jawa Pak Bingin, yang menurut watespahpoh merupakan salah satu legenda Bakmi Jawa di Kulonprogo. Lokasinya dekat dengan Stasiun Wates, tapi katanya ada beberapa cabang yang dikelola anak-anaknya. Dan yang kelima, ada Bakmi Jawa Pak Sogol yang digadang-gadang sebagai bakmi terenak di Kulonprogo. Lokasinya ada di Jalan Adyaksa, Wates atau tepatnya di depan SMP 1 Wates Unit 2.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like