Untuk Pemula, Ini Tips Mengendarai Motor Kopling

JogjaUpdate.com (03/02/2019), Mengendarai motor sport dengan kopling manual bukan hal mudah. Bagi yang belum pernah belajar motor kopling pasti akan kesusahan.

Apalagi bagi yang cuma pernah mengendarai skuter matic dengan transmisi CVT. Bagi yang biasa pakai motor bebek saja belum tentu bisa kopling manual.

Baca Juga : Ini Alasan Pembalap Kalau Belok Miring Banget, Dengkulnya Sampai Gasruk Aspal

Bagi para pemula, tidak perlu takut untuk belajar mengendarai motor kopling. Semua bisa dipelajari kok, asal tahu dasar-dasarnya.

Untuk lebih mudah menguasai motor dengan kopling manual, Suzuki Indonesia melalui situs resminya memberikan beberapa tips bagi para pemula.

Berikut ini beberapa tips mengendarai motor kopling bagi para pemula.

Kenali karakter tenaga dan torsi motor

Hal pertama yang harus Anda pelajari adalah karakter mesin motor yang ingin dikendarai, terutama tentang besaran tenaga dan torsi, karena salah-salah saat melepas kopling justru bisa membuat motor menghentak.

Tidak hanya itu, dengan mengetahui torsi mesin motor, perpindahan gigi secara halus juga bisa dimaksimalkan.

Biasakan melepas kopling secara halus

Setelah paham dengan karakter mesin, langkah selanjutnya adalah melatih diri untuk bisa melepas kopling tanpa harus menambah gas. Hal ini penting untuk merasakan momentum gerak motor.

Pergerakan awal disarankan untuk tidak memakai gas (throttle) dengan cara melepaskan tuas kopling secara bertahap dan halus untuk membiasakan merasakan momentum pergerakan motor.

Baca Juga : Jangan Sembarangan Membunyikan Klakson Motor, Ada Etikanya

Bertahap tambah gas

Ketika merasa momentum gerak sudah dimengerti, cobalah menambah kecepatan dengan menambah gas (throttle) secara halus dan bertahap.

Ingat, jangan menambah gas secara tiba-tiba karena yang berisiko membuat motor menjadi menghenta-hentak.

Latih perpindahan gigi pada torsi maksimal

Seperti sudah dijelaskan di bagian awal, dengan memahami torsi mesin, perpindahan gigi secara halus bisa dilakukan, sehingga tidak harus selalu pindah gigi pada putaran mesin tinggi.

Selain berisiko memperpendek usia komponen motor, perilaku seperti itu juga bisa menyebabkan motor Anda mengonsumsi bahan bakar secara berlebihan (boros).

Pastikan perlambatan memakai engine brake dan rem

Langkah terakhir tapi tak kalah penting adalah Anda harus selalu ingat untuk memperlambat laju motor memakai rem (depan dan belakang) dan engine brake di kecepatan rendah serta pada putaran mesin rendah.

Baca Juga : Ingin Hemat Bensin? Ikuti Tips Naik Motor Ini

Itulah beberapa tips mengendarai motor kopling bagi para pemula. Setelah menguasainya, jangan kebut-kebutan di jalan ya!

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like