Tips Mudik Bersama Anak Yang Nyaman Dan Aman

JogjaUpdate.com ~ Lebaran pasti identik dengan pulang kampung, atau lebih sering disebut mudik. Banyak orang yang berbondong-bondong mudik bersama anak dan istrinya ke kampung halaman. Namun mudik dengan membawa anak ini tidak bisa sembarangan, apalagi yang membawa balita.

Anak belum terbiasa untuk menghadapi perjalanan jauh seperti mudik ke kampung halaman orang tuanya. Belum lagi harus beruruasn dengan lamanya perjalanan dan kemacetan yang membuat anak rewel. Untuk itulah, berikut ini ada tips mudik bersama anak yang nyaman dan aman:

1. Pilih paling nyaman, utamakan fisik anak

Pilihlan moda transportasi paling nyawan dan aman yang bisa digunakan bersama anak sesuai dana. Utamakan kondisi fisk anak, dan pastikan ia sedang berada dalam kondisi yang fit untuk menempuh perjalanan. Kalau perlu minta saran pada dokter anak apakah anak siap atau tidak, dan persiapan medis apa yang perlu dibawa.

2. Cari informasi

Sebelum berangkat mudik, alangkah baiknya untuk mencari informasi mengenai perjalanan yang akan ditempuh. Jalur mana yang akan dilalui, prediksi kemacetan, jalur alternatif yang bisa dilewati, termasuk tempat peristirahatan. Saat anak mulai rewel dan tidak nyaman, tahun di mana bisa beristirahat sebentar.

3. Beri tahu anak

Beri tahu anak kota mana yang akan dikunjungi, berapa lama perjalanan yang akan ditempuh. Anak butuh penjelasan yang kongkrit agar ia juga bisa menyiapkan dirinya untuk menempuh perjalanan panjang. Beri tahu juga kendaraan yang akan digunakan, waktu berangkat, dan perkiraan tiba nantinya.

4. Bersikap tenang selama perjalanan

Orang tua harus bisa menjaga dan menunjukan sikapnya di hadapan anak. Dan alangkah baiknya orang tua selalu bersikap tenang selama perjalanan, juga jangan sampai panik. Karena kepanikan, kebingunan, dan ketidak tenangan orang tua ini akan mempengaruhi kenyamanan si anak tersebut.

5. Bawa mainan anak

Untuk menenangkan anak dan membuatnya sibuk, diperlukan mainan yang dia sukai. Cukup bawa secukupnya, terutama mainan favoritnya yang sekiranya aman dan tidak merepotkan selama perjalanan. Jangan langsung berikan semua mainan ke anak. Berikan maianan tersebut satu persatu, agar anak tidak cepat bosan.

6. Makanan dan minuman anak

Untuk menjaga perut anak agar tidak kosong, persiapkan makanan dan minuman dari sebelum berangkat. Bawalah makanan kecil atau ringan yang padat kalori, seperti biskuit gandum, roti isi, dan minuman sari buat juga air putih. Beberapa anak akan tidak selera makan selama perjalanan jauh, makanan kecil ini bisa membantu mengisi perutnya.

7. Pembersih

Bawalah lap atau tissu pembersih, cairan pembersih tangan, dan tissue basah untuk membersihkan kotoran jika susah mendapatkan air bersih. Biasanya anak akan membuat kotoran dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya dalam perjalanan. Bisa juga karena anak mabuk perjalanan. (080617/030423)

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like