Menurut Studi Ilmiah, Ini Metode Berhenti Merokok Paling Efektif

JogjaUpdate.com (26/3/17), Banyak yang menganggap berhenti merokok itu susah, namun bukan berarti tidak ada jalan. Karena menurut berbagai studi ilmiah, ada beberrapa metode berhenti merokok yang telah terbukti efektif. Jadi untuk kamu yang ingin terlepas dari kecanduan rokok, ayo berhenti, tidak ada alasan lagi.

Berikut ini ada 5 metode berhenti merokok yang efektif:

1. Insentif Keuangan

Kamu harus tahu keuntungan finansial yang didapat dari berhenti merokok, mungkin bisa menjadi alasan buat kamu. Menurut studi yang dimuat di New England Journal of Medicine menunjukkan hasil yang menjanjikan terkait keuntungan finansial. Penelitian melibatkan 2.500 perokok yang terdaftar dalam program CVS Caremark.

Dalam penelitian ini ditemukan kalau orang-orang yang menedapatkan insentif keuangan untuk berhenti memiliki catatan keberhasilan tinggi. Dalam program ini peserta dijanjikan insentif 150 USD diawal, akan akan mendapatkan 650 USD jika berhasil lepas dari rokok. Dan tercatan kesuksesan metode ini mencapai 52,3 persen dari peserta.

2. Disiplin

Hanya orang yang paling disiplin yang bisa berhenti merokok tanpa bantuan apapun. Menurut sebuah studi, hanya sekitar 4-7 persen perokok yang sukses berhenti tanpa bantuan tambahan. Namun jika sukses untuk berhenti, orang tersebut sangat kecil kemungkinannya bisa kembali merokok.

Hal ini dilakukan oleh anggota di QuitSmokingCommunity.org, yang menyarankan minum air putih ketika rasa ingin merokok muncul. Bisa juga mengalihkan rasa tersebut dengan kegiatan lain, seperti jalan-jalan atau menarih nafas dalam-dalam. Tekad dan kedisiplinan adalah modal utama untuk sukses dengan metode ini.

Namun semua itu bisa ditunjang oleh orang-orang disekitar kamu. Dengan memberitahu dan meminta dukungan dari orang-orang sekitar kalau kamu ingin berhenti merokok. Mereka akan selalu mengingatkan dan menyemangati untuk meneruskan program berhenti merokok ini.

3. Ajak Pasangan

Metode ini khusus bagi pasangan yang keduanya merokok. Cinta diantara pasangan dapat membtu melalui fase sulit dalam berhenti merokok. Dalam sebuah studi yang dimuat di Jurnal JAMA Internal Medicie, tingkat kesuksesan metode ini cukup tinggi. Hampir 50 persen pasangan bisa berhenti merokok jika keduanya berkomintmen untuk berhenti bersamaan.

4. Terapi Pengganti Nikotin (NRT)

Ada beberapa obat yang dirancang untuk membantu perokok mengatasi kecanduannya akan nikotin. Seperti Inhaler, semprotan hidung, pelega tenggorokan, gusi dan patch kulit yang mengandung sedikit nikotin dalam jumlah terukur. Apakah memang berhasil membuat orang terlepas dari ketergantungan nikotin?

Sebuah tinjauan literatur ilmiah yang mengevaluasi lebih dari 150 tes yang berbeda yang meneliti perangkat-perangkat ini pada 50.000 pengguna. Dari hasil ini menunjukan kalau 50-70 persen perokok dapat melepaskan diri dari kecanduan dengan bantuan alat-alat ini. Namun akan lebih baik jika dibarengin dengan konseling.

5. Obat Resep

Seperti halnya metode NRT, perokok juga dapat berhenti dengan bantuan obat-obat tertentu. Bicarakanlah dengan dokter mengenai keinginan kamu untuk berhenti merokok. Selain obat-obatan seperti bupropion, ada juga yang disebut varenicline, atau lebih dikenal dengan nama merek Chantix. Obat-obatan ini bekerja dengan menargetkan reseptor nikotin di otak.

Beberapa penelitian menunjukan, dengan bantuan penggunaan obat ini meningkatkan keberhasilan untuk berhenti merokok. Tingkat keberhasilannya bisa mencapai dua kali lipat dibandingkan tanpa bantuan obat dari dokter. Namun harus diingat obat-obatan ini harus seijijn dan menggunakan resep dokter.

 

sumber: health.kompas.com/read/2017/03/19/170710523/5.metode.berhenti.merokok.paling.efektif.menurut.studi.ilmiah

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like