Lagi Ramai Bagasi Motor Buat Mandi Anak, Amankah?

JogjaUpdate.com (10/10/17), Belum lama ini sempat ramai video anak bermain-main air di bagasi motor. Lalu ramai pula orang tua yang memandaikan anaknya di dalam bagasi motor. Video ini pun ramai dikalangan para biker dan pengguna sepeda motor lainnya. Amankan bagasi motor buat mandi anak?

Sepeda motor jenis skuter matic dikenal dengan kepraktisannya, dan bagasi yang cukup luas. Seperti Yamaha NMax dan Aerox bahkan bagasinya bisa muat dua buah helm. Luasnya bagasi ini ternyata dimanfaatkan untuk main-main air oleh anak. Ada pula yang memandikan anaknya di bagasi.

Seperti diketahui, sepeda motor ini memiliki sejumlah kabel kelistrikan yang berada di sekitar bagasi. Ada juga batterai atau sering disebut Aki yang berada di sisi bagasi motor. Dari keberadaan barang-barang kelistrikan di sekitar bagasi inilah banyak yang mempercai berbahaya buat mandi anak.

Namun benarkah berbahaya? Menurut yang dimuat Liputan6.com (9/10/17), GM After Sales Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Muhammad Abidin angkat bicara soal fenomena memandikan anak di bagasi sepeda motor matic. Apalagi video yang ramai menggunakan Yamaha NMax.

Pihaknya tidak merekomendasikan hal ini, namun kelistrikan Yamaha Nmax diklaim tetap aman tidak mudah konsleting. “Kami tidak merekomendasinya. Tapi, hal tersebut tidak ada masalah secara teknis, teknology fuel injection Yamaha dengan engine bluecore (tetap) aman,” ungkap Abidin.

Selain itu, Abidin juga menambahkan bahwa aki pada Yamaha NMax dirasa cukup akan dengan jenis aki kering yang free maintenance. Walaupun aki ini berada di tempat yang dekat dengan bagasi. “Di teknologi FI, yang penting Connector ECU dan Accu water resistence,” tutup Abidin.

Walaupun diklaim aman, namun bermain air dan memandikan anak di bagasi motor tidaklah dianjurkan.

 

Sore2 mandi di bagasi motor#dkerjainsamapadenya#rafandraaqlanlazuardi#7monthsold#babyboy#bagasimotor#hondabeat @saprudinery

A post shared by Andhinie Sopyandi (@andini_sopyandi) on

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like