Jebul Banyak Pembalap Dunia Latihan Pakai Mini Bike

JogjaUpdate.com (31/7/17), Jebul ternyata banyak lho pembalab kelas dunia sperti MotoGP yang latihan pakai mini bike. Banyak diantaranya yang mengisi waktu liburan, bahkan disaat latihannya malah memakai sepeda motor mini. Kenapa demikian? Pasti mereka punya alasan tersendiri.

Kalau dilihat dari kendaaraan yang dipakai sama sekali tidak sebanding dengan yang digunakan saat balapan. Biasanya mereka mengendarai sepeda motor bermesin 600-1000 cc dan bertenaga diatas 100 hp. Tapi ketika latihan menggunakan sepeda motor kecil yang bermesin 50-150 cc.

 

Dan ternyata mini bike ini memang memiliki banyak keunggulan ketika dipakai untuk latihan. Menurut yang muat TMCblog.com, metode latihan dengan mini bike sangat efektif dan efisien untuk meningkatkan skill pebalap. Selain itu penggunaan mini bike ini juga untuk meminimalisir resiko cedera.

Dengan bentuknya yang kecil, mini bike ini membuat pembalap duduk lebih tegak dibanding motor sport. Sehingga dengan posisi ini, mengajarkan pembalap untuk mengatur posisi tangan dan kaki ketika melibas tikungan. Jadi ketika berada di motor balap sebenarnya, pembalap sudah menguasai dasar-dasar posisi badan.

Little beast mode

A post shared by Reddingpower (@reddingpower) on

 

Mini bike ini juga sering digunakan untuk sekolah balap, untuk mengajarkan para pembalap muda mengenai teknik-teknik dasar. Seperti teknik kaki keluar (knee down) ketika memasuki tikungan. Dan untuk mengasah insting pembalap ketika nantinya sudah berada di motor balap beneran.

Beda Dengan Pocket Bike

Dan yang perlu diketahui, mini bike yang banyak digunakan ini berbeda dengan pocket bike. Kedua jenis sepeda motor kecil ini sangat berbeda. Pocket bike biasanya bermesin kecil yang biasanya di bawah 50 cc, dan ditujukan untuk usia 3-7 tahun. Sedangkan mini bike ditujukan untuk usia 8 hingga 9 tahun, bermesin 2 tak 50 cc atau 110-190 cc 4 tak.

Kalau pocket bike seperti ini:

 

Kalau mini bike seperti ini:

 

Secara dimensi juga berbeda, pocket bike sangatlah kecil ukurannya. Sedangkan mini bike akan sedikit lebih besar, namun tidak sebesar motor sport pada umumnya. Beberapa produsen sepeda motor pun juga ikut memproduksi mini bike ini. Seperti Honda dengan MSX 125 atau Grom, dan Kawasaki dengan Z125 Pro.

Kedua motor tersebut laris manis dipasaran, dan beberapa dimofikasi mendai mini bike berpenampilan sport. Ada pula produsen lain yang memang spesifik memproduksi mini bike berdesain sport. Seperti Kayo MINI GP 125cc, Ohvale GP-0, dan juga Honda NSF100. Tertarik dengan mini bike?

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like