Inilah Macam-macam Teknologi Anti Drone Yang Sudah Diterapkan

JogjaUpdate.com (11/9/17), Salah satu teknologi sekarang yang sedang hits adalah drone, atau pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jauh. Drone ini menjadi populer karena bisa digunakan banyak keperluan, seperti dipasang kamera yang bisa merekam video. Namun dibalik banyak manfaatnya, teknologi ini juga ada yang menyalahgunakan.

Mulai sebagai alat pengiriman barang terlarang, bahkan hingga digunakan untuk mengintip area terlarang. Karena itulah, mulai banyak diciptakan teknologi anti drone untuk melawan penyalahgunaannya. Ada banyak macam dari alat atau teknologi anti drone yang sudah diterapkan, berikut ini diantaranya:

1. Drone Jammer

Alat ini bekerja dengan cara mengacau frekuensi radio yang digunakan untuk mengendalikan drone. Setelah itu alat ini akan mengambil alih kendali drone tersebut dari pemiliknya. Tidak hanya signal frekuensi saja yang dikacau, namun drone jammer bisa mengacau berbagai macam sensor dari drone, termasuk gps dan glonnas.

Biasanya alat ini berbentuk seperti senapan, yang cara penggunaannya diarahkan ke drone kemudian ditembak menggunakan gelombang pada frekuensi tertentu. Alat ini sudah banyak digunakan di kalangan militer dan keamanan berbagai negara. Beberapa personel TNI maupun Paspampres sudah menggunakan alat ini untuk pengamanan.

 

 

2. Anti-drone Drones

Melawan drone dengan menggunakan drone juga, seperti yang dikembangkan Kepolisian Kota Tokyo, Jepang. Pihak Kepolisian Kota Tokyo mengembangkan sebuah drone yang mampu bergerak cepat dan dilengkapi jaring untuk menangkap drone. Jaring ini menjerat baling-baling drone dan mebawanya ke tempat aman untuk ditangkap.

 

 

3. Skywall 100

Walaupun terkesan tadisional, jaring masih tetap jadi alat yang ampuh untuk menangkap drone pengintai. Salah satu yang sering digunakan adalah Skywall, sebuah tembakan jaring yang bisa melumpuhkan drone. Bentuknya seperti bazoka yang menembakan peluru jaring ke arah drone. Jaring ini juga dilengkapi parasut untuk menjaga drone tidak langsung jatuh meluncur ke bawah.

 

 

4. Drone Tracker

Ada teknologi anti drone lain yang canggih, adalah drone tracker atau pelacak drone. Sistem ini banyak dikembangkan untuk melacak keberadaan drone pada suatu area. Ketika ada drone yang memasuki, sistem akan memberitahukan kepada petugas keamanan atau pada sistem pengamanan yang sudah terintegrasi.

Ada banyak sistem pelacak drone yang dikembangkan terintegrasi dengan sistem keamanan lainnya. Salah satunya dari Dedrone, yang mengintegrasikan dengan sistem kamera keamanan atau CCTV. Ada pula yang sudah mengintegrasikan dengan sistem jammer untuk langsung melumpuhkan drone.

 

 

5. Anti Drone Buatan Sendiri

Kalo kamu selo dan merasa risih dengan keberadaan drone yang memata-matai, kamu bisa membuat sistem anti drone sendiri. Misalnya seperti orang selo yang satu ini:

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like