Ini Menu Diet Saat Berbuka Puasa, Agar Tetap Sehat dan Tidak Lemas

JogjaUpdate.com (5/6/17), Pada dasarnya, dengan berpuasa yang menahan makan dan minum akan membuat berat badan turun secara sehat dan alami. Jadi banyak orang yang menjadikan bulan puasa sebagai moment yang tepat untuk sekalian diet. Untuk tetap sehat dan tidak lemas, memang menu diet harus diperhatikan.

Terutama untuk berbuka puasa, selalu berbukalah menggunakan menu yang sehat untuk ornag diet. Janganlah menyediakan menu berbuka puasa secara berlebihan. Konsumsilah makanan dan minuman secukupnya, dan yang penting memenuhi standar nilai gizi. Dan berukut ini ada beberapa menu diet untuk berbuka puasa yang tetap sehat:

1. Ganti Nasi Putih Dengan Nasi Merah

Jika tengah menjalani program diet sebaiknya mengurangi konsumsi nasi putih. Karena nasi putin ini lebih cepat dicerna oleh tubuh, sehingga beresiko menaikkan kadar glukosa dalam darah. Untuk itu, cobalah mengganti nasi puteih menjadi nasi merah. Karena nasi merah meruapakan sumber karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna dan akan membuat kenyang lebih lama.

2. Hindari Gorengan

Makanan yang digoreng biasanya akan memiliki kandungan lemak yang tinggi. Untuk itu, gorengan tidak dianjurkan bagi orang yang tengah menjalani program diet. Saat berbupa puasa, orang yang menjalani program diet juga sebaiknya menghindari gorengan. Selain kandungan lemak dalam gorengan damat membuat kantuk, juga membuat ikatan oksigen dapat berkurang hingga 20 persen.

3. Hindari Minuman Soda

Nikmat pastinya setelah seharian penuh menahan haus, terus berbuka dengan menenggak minuman soda yang segar. Namun ternyata minuman soda ini tidak direkomendasikan bagi orang yang menjalani program diet. Karena minuman bersoda sarat akan kalori tinggi. Dengan banyaknya asupan kalori, akan lebih mudah menaikan berat badan.

4. Konsumsi Makanan Berserat

Sumber sarat terbaik dari makanan adalah yang berasal dar buah dan sayur-sayuran. Dengan memakan cukup buah dan sayuran juga dapat memperlancar pencernaan, mencegah sembalit, menjaga kesimbangan tubuh. Sehingga mengkonsumsi buah dan sayuran saat buka puasa, sangat dianjurkan bagi orang yang menjalani program diet.

5. Ikan

Dalam menjalani program diet, juga tetap diperlukan asupan protein dan lemak baik. Semua ini bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi ikan sebagai menu berbuka puasa. Dan ikan yang paling disarankan adalah ikan Salmon atau Tuna. Kedua ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like