8 Cara Sederhana Mengobati Radang Tenggorokan

JogjaUpdate.com (11/9/17), Di masa-masa peralihan musim kemarau ke penggujan atau sebaliknya, biasanya beberapa penyakit muncul. Mulai dari batuk pilek hingga flu, atau hingga sesuatu yang lebih serius seperti radang tenggorokan. Kesemua penyakit ini memang banyak penyebabnya.

Apapun penyebabnya, sakit tenggorokan ini benar-benar menggangu dalam aktifitas keseharian. Langkah paling mudah memang langsung dengan ke dokter untuk periksa dan minta obatnya. Namun selain itu ada beberapa cara mengobati radang tenggorokan dengan mudah yang bisa dilakukan sendiri.

1. Kumur Air Garam

Rasa nyeri dan panas sakit tenggorokan dapat diredakan dengan berkumur air garam hangat. Menurut yang dimuat Health, beberapa studi menemukan bahwa berkumur dengan ir garam beberapakali sehari dapat mengurangi benggak di tenggorokan. Juga dapat mencairkan lendir dan membantu membilas bakteri penyebab iritasi.

Untuk membuat ramuannya, cukup campur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam laraut dengan air, kemudian gunakan berkumur beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi beberapakali dalam sepanjang hari. Jika tidak kuat menahan rasa asin, bisa dicampurkan dengan sedikit madu.

2. Penuhi Cairan Tubuh

Jika kamu mengalami radang tenggorokan, perlu lebih banyak cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya. Jaga asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari proses mengobati radang tenggorokan. Ketika kekurangan cairan, tubuh tidak dapat langsung menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab.

Cukupilah konsumsi cairan, sampai warna cairan urin menjadi jernih. Cukup cairan tubuh dapat menjaga selapit lendir tetap bekerja dengan baik melawan bakteri dan penyebab iritasi, juga membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Air putih adalah solusi paling mudah dan murah, namun kamu bisa juga dengan teh jahe madu hangat sampai sup ayam.

3.Permen Pelega Tenggorokan

Ada beberapa permen pelega tenggorokan yang bisa ditemukan di pasaran. Cari yang mengandung ekstrak menthol, peppermint, eucalyptus, atau bahan lain yang memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan. Bahan-bahan ini juga mengandung anti-peradangan, antibakteri, dan antivirus yang membantu proses penyembuhan.

Permen pelega tenggorokan ini juga bergungsi meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan tetap basah. Namun harus disadari, permen ini dapat melegakan tenggorokan gatal hanya untuk sementara saja. Jadi bisa digunakan ketika kondisi darurat, atau rasa tidak enak yang sangat menggangu.

4. Air Perasan Lemon 

Kandungan Astringent yang terdapat dalam jus lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan. Selain itu, rasa asam yang diciptakan dapat membasmi dan mematikan beberapa virus dan bakteri penyebab iritasi.

Caranya cukup mudah hanya campurkan 1 sendok jus atau perasan lemon ke dalam secangkir air hangat. Gunakanlah untuk berkumur selama beberapa detik, atau bisa cara seperti cairan air garam di atas. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari untuk mengobati radang tenggorokan.

5. Kumur Cuka Apel Dan Garam

Jika tenggorokan mengalami radang akibat batuk hebat, bisa diatasi dengan 1 sendok makan cuka air apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam. Larutkan kedua campiran ini ke dalam segelas air hangat, dan gunakan sebagai obat berkumur. Lakukanlah beberapa kali dalam sehari.

Cuka apel bersifat asam dapat melapisi tenggorokan sekaligus menciptakan lingkungan buruk bagi virus dan bakteri. Untuk perawatan yang lebih ringan, bisa campurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel 1/4 cangkir madu. Gunakan ramuan ini untuk berkumur setiap empat jam sekali.

6. Kumur Air Kunyit

Kunyit ini juga dikenal sebagai agen antioksidan yang sangat kuat dalam memerangi banyak penyakit, bakteri, maupun virus. Untuk mengobati radang tenggorokan, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dengan 1/2 sendok teh garam ke dalam air hangat. Gunakan untuk berkumur selama beberapa detik dan ulangi beberapa kali sehari.

7. Mandi Air Hangat

Manghirup udara lembab juga bisa membantu meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan. Cobalah untuk yang biasanya mandi air dingin, ganti mandi dengan air hangat. Atau bisa dengan cara menggunakan mangkukbesar berisi air hangat dan handuk untuk menguapi kepala.

8. Obat Pereda Nyeri

Ada beberapa obat yang efektif untuk mengatasi radang tenggorokan, seperti pereda nyeri (NSAID). Diantaranya seperti aspirin, parasetamol, atau ibuprofen. Obat-obatan ini mengandung kombinasi penghilang rasa sakit dan anti-peradangan. Sehingga akan membuat lebih nyaman dan mengurangi beberapa pembengkakan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like