Cukup Dengan Tersenyum Bisa Membuat Terlihat Awet Muda

JogjaUpdate.com (6/10/17), Senyum adalah sesuatu yang mudah dilakukan, tapi banyak manfaat yang didapatkan. Selain menjadi daya tarik, ternyata senyum bisa membuat terlihat awet muda. Tidak perlu berbagai macam perawatan, cukup dengan tersenyum saja sudah merubah penampilan.

Senyuman membuat terlihat awet muda ini dibuktikan dalam sebuah studi. Seperti yang dimuat WebMD (4/9/17), studi ini dilakukan dengan menyuruh orang melihat foto-foto dengan wajah beragam ekspresi. Dari tersenyum, diam saja, hingga marah, kemudian ditebak usianya.

Kebanyakan menebak orang yang berada di foto tersenyum lebih muda dibandingkan orang dengan ekspresi diam dan marah. Para peneliti di Psychology and Aging mengungkapkan, ini adalah studi pertama yang menunjukan ekspresi wajah memiliki dampak besar pada akurasi perkiraan usia seseorang.

“Meskipun perkiraan usia sering dapat didasari pada beberapa isyarat, ada banyak situasi di mana gambaran wajah seseorang adalah satu-satunya informasi yang tersedia,” kata peneliti Manuel C. Voelkle dari Max Planck Institute for Human Development beserta rekannya di Berlin.

“Secara khusus, dengan menjamurnya jaringan pribadi atau media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya, telah menjadi sebuah hal yang umum seseorang berbagi foto, meskipun seringkali tanpa tambahan informasi tambahan berapa usianya,” tulis Manuel dan tim.

Namun para peneliti ini juga mengatakan bahwa foto seseorang yang sedang tersenyum atau tertawa bahagia bisa menciptakan garis kerutan disekitaran mata dan mulut. Garis ini kadang sulit membedakan apakah seseorang dalam foto benar-benar memiliki kerutan atau tidak.

Namun jangan kawatir, karena dengan tersenyum tetap terlihat lebih muda atau terlihat awet muda. Maka tidak heran ada ungkapan “jangan sering-sering marah, nanti cepat tua”. Ungkapan ini bisa saja terjadi, karena saat berekspresi marah orang terlihat lebih tua dibandingkan saat tersenyum.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like