Cara Menghilangkan Noda Oli Pada Baju

JogjaUpdate.com (24/8/17), Pelumas atau Oli menjadi salah satu yang ditakuti jika mengenai pakaian, baik baju maupun celana. Apalagi noda oli pada baju ini tidak hanya membuat kotor, namun tidak sedap dipandang. Menghilangkan noda oli pada baju juga terbilang tidaklah mudah.

Karena itulah banyak mekanik yang mengenakan baju atau wearpack khusus ketika melakukan perawatan. Selain sebagai standar operasional, baju ini juga menghindarkan baju sehari-hari mereka terkena oli. Lalu bagaimana buat mereka yang suka ngoprek-oprek mesin sendiri di rumah?

Tenang, karena ada cara khusus untuk dapat menghilangkan noda oli pada baju kok. Noda oli ini bisa dihilangkan dengan menggunakan deterjen. Apalagi sejumlah deterjen jaman sekarang sudah sangat ampuh untuk memberisihkan bermacan jenis noda. Namun memang ada trik khusus untuk mengatasi noda oli ini.

Langkah pertama dengan menyerap noda oli ini menggunakan lap tau tisu kasar penyerap minyak. Ini dilakukan menekan-nekan pada noda untuk mengangkat kelebihan oli yang menempel. Namun perlu diingat, jangan langsung menggosok pada nodanya karena bisa memperluas area noda oli ini.

Kedua, gunakan bahan tambahan yang bisa mengangkat noda oli pada pakaian. Misalnya bisa menggunakan bedak bayi atau bubuk soda kue. Caranya dengan menaburkan di atas noda oli, kemudian diamkan beberapa menit sampai terangkat. Jika noda sudah menempel, ulangi beberapa kali.

Ketiga, setelah noda oli berkurang baru baju pakaian dengan deterjen atau bisa menggunakan sabun cuci piring. Setelah itu kucek atau gosok hingga berbui. Kemudian rendam baju dengan air hangat yang dicampur deterjen untuk beberapa jam. Namun harus diingat, untuk merendam dengan air hangat sesuaikan dengan aturan petunjuk pada label dibalik baju.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like