Liburan Di Musim Hujan? Ini 5 Wisata Indoor Di Jogja

JogjaUpdate.com ~ Musim hujan telah tiba, namun kamu tetap ingin jalan-jalan menikmati liburan? Tenang saja, obyek wisata di Jogja tidak semuanya di tempat terbuka. Kamu tetap bisa menemukan tempat wisata indoor yang aman dari hujan. Berikut ini ada 5 wisata indoor di Jogja yang bisa kamu junjungi walau musim penghujan:

1. Taman Pintar

Seperti dengan namanya, Taman Pintar ini menyajikan beragam wahana pendidikan. Taman Pintar ini memiliki wahana ekspresi, apresiasi, kreasi sains yang diklaim terbaik se-Asia Tenggara. Tidak hanya untuk anak, wahana pendidikan di sini juga terdapat beragam tingkatan bahkan hingga perguruan tinggi.

Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa menemukan beragam arena bermain ramah anak. Sehingga tidak hanya untuk belajar tapi juga tempat untuk bermain. Taman Pintar Yogyakarta ini berlokasikan di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, buka dari pukul 09.00 – 16.00 WIB. Untuk tiket masuknya tersedia beragam, tergantung area mana yang ini kamu masuki.

2. Museum Gunung Api Merapi

Museum Gunung Api Merapi adalah sarana pendidikan dan penyebarluasan informasi mengenai kegunungapian. Menyajikan informasi terutama tentang kebencanaan geologi termasuk tentang aspek ilmiah, maupun sosial-budaya dan lain-lain yang berkaitan dengan gunungapi dan sumber kebencanaan geologi lainnya.

Berlokasikan di Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Museum Gunung Api Merapi ini buka dari hari Selasa hingga Minggu pukul 08.00 hingga 3.30 WIB. Di hari senin Museum ini tutup untuk perawatan.

https://www.instagram.com/p/BP9ko58B3nl/

3. Museum Affandi

Untuk museum yang satu ini cukup ternama di Jogja, apalagi lokasinya cukup mencolok di pinggir jalan. Merupakan rumah dan studio almarhum Affandi, salah seorang pelukis besar Indonesia. Berlokasikan di Jalan Laksda Adisucipto No. 167 atau Jalan Solo KM 5,1. Pembangunannya dilakukan secara bertahap serta dirancang sendiri oleh Affandi.

Museum ini menempati lahan seluas 3.500 m2 yang terdiri atas bangunan museum yang terdiri dari empat galeri beserta bangunan pelengkap seperti tempat pembelian tiket, dua studio, dan bangunan rumah tempat tinggal pelukis Affandi dan keluarganya. Sekarang rumah ini berfungsi menjadi Café Loteng yang dapat dikunjungi pengunjung.

Ya jelas, museum ini menyimpan 300 koleksi lukisan Affandi semasa hidupnya. Namun juga menumnyan lukisan dari para pelukis Indonesia lainnya, antara lain: Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, dan Muchtar Apin. Selain itu terdapat patung karya Amrus Natalsya, dan cukil kayu poles karya keluarga Tjokot.

4. De Mata Trick Eye Museum

Ada yang menyebut ini wahana ada juga yang menyebut museum. Namun yang pasti di De Mata Trick Eye Museum ini memiliki koleksi berbagai macam gambar 3 dimensi yang membentuk ilusi optik. Kalau dilihat sih biasa saja, namun jika bergeser ke sudut yang tepat ilusinya bakal terlihat. Kamu bisa berfoto-foto ria menggunakan karya-karya ilusi optik tersebut.

Sebagian besar yang tersimpan disini merupakan karya dari Petrus Kusuma. Berlokasikan di lantai basement Gedung Umar Kayam, XT Square yang aman dari hujan. Pastinya liburan kamu tetap aman walaupun hujan datang.

5. De Arca Statue Museum

Jika di De Mata Trick Eye Museum disuguhi ilusi optik, disini kamu mendapatkan yang berbeda. Di De Arca Statue Museum ini kamu bakal bertemu dengan tokoh-tokoh ternama seperti Soekarno, Affandi,Tony Stark, Adolf Hitler, Albert Einstein, dan lain-lain. Tokoh-tokoh tersebut hadir dalam patung-patung yang berukuran seperti aslinya.

Iya, Mirip dengan museum patung lilin Madam Tussauds yang tersohot itu. Berlokasikan satu kompleks dengan De Mata Trick Muesum, De Arca Statue Museum ini jelas aman dari hujan. Seluruh patung-patung di sini merupakan karya dari Dunadi, seniman Jogja yang terkenal dengan patung realistisnya.

https://www.instagram.com/p/BL-Ag-iAU7d/

(210217/17)

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like