Tips Agar Tidak Mudah Lapar Saat Puasa

JogjaUpdate.com (17/6/17), Untuk dapat menjalani ibadah puasa dengan baik, tidak cukup dengan niat dan tekad saja. Karena untuk bisa menahan lapar seharian, diperlukan asupan makanan yang tepat saat sahur. Ada beberapa tips makan sahur agar tidak mudah lapar lagi saat menjalankan puasa.

Kunci utama untuk tidak mudah lapar ketika menjalankan puasa adalah pemilihan makanan ketika sahur. Diperlukan makanan yang tidak sekedar mengenyangkan, namun juga perlu diperhatikan kandungan gizinya. Karena kalau cuma sembarang kenyang saja, nanti akan mudah terasa lapar lagi.

Seperti yang dirilis Liputan6.com, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia, Prof Hardinsyah, MS. PhD memberikan saran pilihan menu sahur. Pakar gizi ini menyarankan untuk menghindari roti putih dan bubur nasi. Ia lebih menyarankan untuk mengkonsumsi karbohirat kompleks.

Prof Hardinsyah menyarankan untuk mengonsumsi makanan seperti beras merah dan roti gandum ketika sahur. Dua sumber karbohidrat kompleks ini bisa membuat rasa kenyang lebih lama. “Kalau mau konsumsi karbohidrat kompleks, kayak beras merah atau roti gandum yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama,” ujarnya.

Sedangkan ruti putih, nasi putih dan makanan karbohirat dalam jumlah tinggi, akan mempercepat turunnya gula darah. Hal ini bisa membuat rasa lapar cepat datang kembali. Lalu disarankan pula tetap mengonsumsi protein, karena sebagai cadangan makanan selayaknya lemak. Selain itu protein juga penting untuk menjaga kesehatan dan diperlukan tubuh.

Prof Hardinsyah juga mengingatkan untuk tetap mengonsumsi sayuran, buah dan air putih ketika sahur dan buka. Asupan ini juga berguna bagi tubuh, dan sangat penting bagi keseimbangan. Juga untuk meminimalkan dampak dehidrasi yang dialami ketika menjalankan puasa selama seharian.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like