Pesawat R80, Pesawat Murni Karya Anak Bangsa

targetabloid.co.id

Jogjaupdate.com (25/05/15), Tidak lama lagi pesawat buatan anak bangsa akan kembali mengudara. Setelah sukses dengan pesawat N250, akan kembali dibuat N250 Next Generation atau yang dinamakan R80.

PT. Regio Aviasi Industri (RAI) saat ini tengah mengembangkan prototype pesawat murni rancangan anak bangsa. Dengan bekerjasama dengan PT. Dirgantara Indonesia dalam proses rancang bangunnya.

BJ Habibie, sebagai pemilik Regio Aviasi mengklaim bahwa pesawat dengan model baling-baling ini lebih efisien dan hemat bahan bakar dibanding pesawat buatan Airbus atau Boeing.

“Saya menyampaikan bahwa Airbus atau Boeing itu bypass rationya 12, makin tinggi bypass ratio makin sedikit konsumsi bahan bakar dan lebih cepat, ini (R80) bypass rationya 40, kami perhitungkan pesawat terbang ini sasarannya lebih sedkit 30% (penggunaan bahan bakar),” ungkap Habibie di Gedung Bank Indonesia seperti dikutip dari Liputan6.

R dalam nama pesawat tersebut diartikan sebagai Regional, pesawat tersebut adalah buatan anak bangsa dan difungsikan untuk penerbangan jarak-jarak pendek. Sementara untuk 80 berarti kapasitas kursi pessawat yang mampu menampung 80 penumpang.

Ditargetkan pada tahun 2017 pesawat ini sudah mengudara. Meskipun masih dalam tahap perancangan awal, namun pesawat ini sudah banyak dipesan oleh maskapai dalam negeri, seperti Nam Air, Kalstar, dan Trigana Air.

Tipe pesawat R80 diperlukan untuk menghubungkan wilayah kepulauan di Indonesia bagian timur.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like