Pentingnya Melakukan Pengecekan Mata Secara Berkala

JogjaUpdate.com ~ Pernahkah kamu melakukan pengecekan mata? Jika pernah kapan terakhir kalinya? Ternyata penting lho melakukan pengecekan mata secara berkala.

Memiliki mata sehat memang dambaan setiap orang. Namun tidak semua orang beruntung memiliki penglihatan yang baik. Banyak yang mengalami ganggunan hingga membutuhkan alat bantu.

Baca Juga: Ini Tanda-Tanda Kamu Perlu Kacamata Baru

Namun sayangnya, hanya sedikit orang yang sadar untuk melakukan pengecekan mata. Apalagi melakukan pengecekan secara berkala.

Padahal, penglihatan yang bermasalah bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Termasuk penggunaan kacamata yang tidak tepat juga bisa merugikan.

Shani dan Okta
Shani dan Okta

Dilansir dari situs resmi Optik Melawai, setidaknya ada 2,5 miliar orang memiliki gangguan penglihatan. Ironisnya, mereka tidak mengatasi masalah tersebut.

Gangguan penglihatan ada beberapa macam, misalnya mata minus, plus, dan silinder. Ada pula masalah kelainan organik seperti katarak, glaucoma, macular degeneration.

Kondisi rabun jauh (myopia), rabun dekat (hyperopia) dan mata silinder (astigmatism) bukanlah suatu penyakit melainkan kelainan daya bias mata sehingga tidak ada obatnya dan tidak dapat disembuhkan.

Baca Juga: Apa Itu Mata Silinder (Astigmatism)? Ini Penjelasannya

Kondisi ini dapat diatasi atau dikoreksi dengan kacamata dan softlens sebagai alat bantu agar penglihatan menjadi lebih jelas. Kelainan daya bias mata ini bisa dialami oleh siapa saja baik anak-anak, dewasa ataupun lansia.

Seiring bertambahnya usia resiko akan penyakit mata yang bersifat degenerative seperti katarak, glaucoma, dan AMD ( degenerasi macula) semakin tinggi.

Secara statistic resiko cacat penglihatan dan bahaya kebutaan yang diakibatkan oleh kondisi diatas jumlahnya meningkat hingga 3 kali lipat pada kelompok usia diatas 40 tahun.

Sayangnya kondisi seperti glaucoma dan AMD sampai saat ini belum bisa disembuhkan. Langkah terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah dengan melakukan tindakan preventif salah satunya dengan mengenali gangguan pada penglihatan.

Oleh sebab itu diperlukan deteksi sedini mungkin khususnya bagi mereka yang sudah memasuki usia diatas 40 tahun sebaiknya melakukan pemeriksaan mata secara berkala.

Dengan memeriksakan mata berarti kamu telah peduli akan kesehatan indera penglihatan.

Baca Juga: Ini 4 Tips Memilih Kacamata Yang Nyaman

Itulah pentingnya melakukan pengecekan mata secara berkala. Jika ditemukan masalah, bisa segera dicari solusinya.

(030918)

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like