Pengen Ngirit, Ini Tips Menghemat Biaya Undangan Pernikahan

JogjaUpdate.com (17/02/2019), Menggelar acara pernikahan banyak yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah undangan pernikahan yang kadang menghabiskan banyak biaya.

Jika budget pernikahan tak terbatas, ya pastinya kamu tak perlu baca artikel ini. Namun buat kamu yang terbatas, pasti akan berguna.

Baca Juga : Ini 5 Mitos Larangan Pernikahan Menurut Adat Jawa

Kalau memang punya budget terbatas, undangan bisa jadi alternait yang mendapatkan pemangkasan anggaran. Karena undangan memang bisa dibuat lebih murah.

Budget katering dan dokumentasi mungkin akan susah untuk dipangkas. Apalagi budget untuk tempat, tata rias dan pakaian pengantin.

Undangan memang paling mudah untuk diakali agar bisa menghemat biaya. Simak berikut ini tips menghemat biaya pada undangan pernikahan.

1. Tentukan Jumlah Tamu

Tentukan jumlah tamu yang akan diundang sejak awal. Karena jumlah tamu akan berpengaruh ke banyak hal, dari katering hingga undangan.

Jika memang terbatas, tentukan siapa saja yang memang wajib diundang. Dan siapa saja yang tidak perlu diundang dalam acara.

Baca Juga : Masih Jomblo? Ini 5 Tips Dapat Gebetan Di Pesta Pernikahan Teman

2. Bandingkan Harga

Kebanyakan calon pengantin akan memesan undangan pernikahan mereka ke vendor. Coba tanyakan soal harga di lebih dari satu vendor.

Masing-masing vendor pasti akan punya harga yang berbeda. Pastikan kamu mendapatkan harga yang paling sesuai dengan budget pernikahan.

3. Pilih Desain Sederhana

Desain undangan yang dipilih pastinya mempengaruhi biaya pembuatannya. Makin rumit dan makin banyak bahan, maka harganya akan makin mahal.

Buat saja desain yang sederhana, yang penting maksudnya tersampaikan. Namun jangan pula dibuat selembar fotokopian seperti undangan rapat RT.

Baca Juga : Jangan Kabur, Ini Alasan Datang Ke Pernikahan Mantan

4. Beli Undangan Kosongan

Membeli blangko undangan kosong juga bisa jadi solusi. Kamu tinggal menambahkan isinya berupa nama dan tanggal acara berlangsung.

Banyak tersedia undangan kosong yang berharga murah. Walaupun prosesnya nanti akan lebih ribet dan memakan waktu. Namun yang penting ngirit.

5. Manfaatkan Teknologi

Di era digital seperti sekarang, tak mudah untuk mengirimkan informasi. Manfaatkan pesan chat atau email untuk tamu undangan yang jauh.

Kamu bisa kirimkan undangan versi digitalnya, tak harus secara fisik. Namun pastikan, tamu undangan sudah dekat dan tidak mempermasalahkannnya.

Baca Juga : Bingung Menentukan Tanggal Pernikahan? Ini Tipsnya

Itulah tips menghemat biaya undangan pernikahan buat kamu yang punya budget terbatas. Ingat, undangan nikahan umumnya cuma terpakai sekali, setelah itu entah ke mana.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like