Jebul Bisa Sahur Tanpa Nasi Tapi Tetap Kenyang, Ini Tipsnya

JogjaUpdate.com (27/04/2019), Sahur yang bergizi dan mengenyangkan dibutuhkan untuk menjaga energi seharian. Namun bisakah sahur tanpa nasi namun tetap kuat beraktivitas seharian?

Beberapa orang memang memilih untuk menghindari nasi. Baik karena alasan kesehatan, maupun ada yang karena diet khusus tanpa nasi.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Tempat Sahur Di Jogja

Karena itu, beberapa orang ini membutuhkan sahur tanpa nasi tapi tetap bisa memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas seharian selama puasa.

Menurut buku DEBM (Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan) malah menyarankan untuk sahur menghindari karbohidrat berat seperti nasi, mi, kentang, dan roti.

Karena menurut buku ini, karbohidrat memang membuat langsung kenyang dalam sekejap. Namun ini malah membuat kamu cepat lapar kembali.

Tumis Brokoli dan Sosis
Tumis Brokoli dan Sosis

Untuk itu, berikut ini beberapa tips tetap kenyang seharian saat puasa meski sahur tanpa nasi.

1. Menu Sahur Tinggi Protein

Tingkatkan jumlah protein, terutama hewani sebagai menu sahur seperti telur dan ikan. Sebagai pengganti karbohidrat, pilih brokoli, wortel, buncis, tauge dan ayam.

2. Menu Sahur Boleh Mengandung Lemak

Lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh, karena itu boleh saja makanan berlemak asal ada batasnya. Selain itu, pelepasan glukosa dari lemak juga lebih lama dibanding karbohidrat.

3. Menu Sahur Tinggi Serat

Perhatikan kandungan serat dalam makanan yang kamu konsumsi. Termasuk buah-buahan seperti apel dan pir untuk mengakhiri makan sahur.

4. Hindari Minuman Bergula Tinggi

Jus buah atau teh memang bagus untuk sahur, namun sebaiknya pilih tanpa pemanis buatan maupun gula. Hal ini dapat memicu lonjakan gula daran yang kurang baik dalam tubuh.

Baca Juga : Tips Menyiapkan Sahur Dengan Mudah Dan Cepat

Itulah 4 tips makan sahur tanpa nasi yang bisa kamu lakukan. Yang tidak boleh ketinggalan, nanti buka puasanya sama siapa?

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like