Jumlah Kendaraan di Kota Yogyakarta Naik Hingga 200%

JogjaUpdate.com (26/02/18), Pertumbuhan kota pasti diiringi oleh pertambahan jumlah penduduk dan jumlah kendaraan. Seperti Kota Yogyakarta, dari tahun ke tahun kendaraan semakin banyak memadati jalanan. Kira-kira, berapa jumlah kendaraan di Kota Yogyakarta? Pernah berpikiran untuk menghitungnya?

Menurut survei, Kota Yogyakarta menduduki peringkat 4 dari daftar 10 kota termacer di Indonesia. Dengan meningkatnya kemacetan, pastinya karena jumlah kendaraan di Kota Yogyakarta yang semakin meningkat.

Peningkatan ini pun sudah diketahui oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Menurut yang dimuat Jogja.Tribunnews.com (26/02/18), Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Made Golkari Yulianto mengatakan, bahwa hasil survey tersebut menjadi peringatan bagi Dinas Perhubungan.

“Survey dasarnya apa kan kita nggak tau. Tetapi itu merupakan warning bagi Dinas Perhubungan. Karena kami punya tanggungjawab di situ,” kata Made Golkari.

Made juga membenarkan jika pertumbuhan kendaraan di Kota Yogyakarta meningkat secara drastis. Menurut data dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, jumlah kendaraan roda 2 tahun 2016 sejumlah 71.566 unit. Lalu di tahun 2017 meningkat 211 persen menjadi 222.915 unit.

Sementara untuk kendaraan roda 4, pada tahun 2016 sejumlah 12.746 unit. Dan meningkat 344 persen pada tahun 2017 menjadi 56.647 unit. “Berapa persen itu kenaikannya. Ya kalau dikatakan macet, bisa jadi. Kendaraan tambah banyak, sementara lebar dan panjang jalan tidak berkembang,” lanjut Made.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like