Ini Dia Makna Sesungguhnya dari Kalimat ‘Gong Xi Fa Chai’

 

 

Jogjaupdate.com ~ Gong Xi Fa Chai… Kalimat dalam bahasa Mandarin ini yang tertulis maupun diucapkan pada saat perayaan Imlek seperti sekarang ini. Imlek yang merupakan hari raya warga Tionghoa maupun warga keturunan Tionghoa yang berada di seluruh dunia. Tradisi Imlek biasanya ikut juga dirayakan oleh berbagai kalangan. Seperti di pusat-pusat perbelanjaan yang mendekorasi dengan warna dominan merah.

Baca juga:
Jelang Imlek 2017, Jutaan Orang di China Mudik Massal
Malam Satu Suro Dalam Tradisi Jawa
Yerusalem, Saksi Kerukunan Antar Umat Beragama

Biasanya ucapan ‘Gong Xi Fa Chai’ ada dimana-mana, namun tahukah anda, arti sesungguhnya kalimat tersebut? Rata-rata orang memahami kalimat tersebut dengan arti “Selamat Tahun Baru China”. Sebenarnya, “Gong Xi Fa Cai – Gong Xi Fa Cai”, dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan menjadi “Selamat dan Semoga Sejahtera”. Kadangkala memang ucapan tersebut ditulis dan diejakan dalam dialek lain. Misalnya “Keoong Hi Huat Chie” (Hokkien), “Kung Hi Fat Choi” (Kanton atau Hongkong), atau “Kung Hei Fat Choi” (Hakka).

Gong Xi Fa Chai menggunakan bahasa mandarin dengan Hanyu Pinyin, ejaan latin China yang resmi dipakai di China, Taiwan, dan Singapura. Ucapan itu sudah mulai dipakai sejak ribuan tahun yang lalu, bayangkan saja, penanggalan China sudah berusia 26 abad, lebih tua 5 abad dari penanggalan Masehi.

Ucapan ini mungkin akan bertambah panjang jika diucapkan oleh anak-anak. “Gong Xi Fa Chai , Hong Bao Na Lai” yang berarti, Selamat dan Semoga Sejahtera, Bawakan Saya Angpao. (080216)

Baca juga:
Unik, Ada Kampung Yang Hanya Berisi Tujuh Keluarga Saja di Gunung Api Purba Nglanggeran
Mendirikan Tenda Didalam Masjid Demi Mencari Malam 1000 Bulan
Sekaten, Gamelan, dan Lumpia Sah mendapat Pengakuan UNESCO

 

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like