Fenomena Batu Akik, Dulu Dianggap Mistis Namun Kini Banyak Dicari Karena Keindahannya

Yogyakarta (03/1/15), Pesona batu akik menjadi fenomena tersendiri setahun belakangan ini. harganya pun melonjak tinggi, hingga milyaran rupiah. Semakin langka batunya, maka semakin tinggi pula harganya. Batu akik paling banyak digunakan sebagai cincin, meskipun ada juga yang dibuat sebagai kalung.

Batu akik yang dulunya hanya digemari orang tua, kini merambah ke anak muda, bahkan wanita pun banyak yang menggemari batu akik. Karena bisa sebagai investasi. Sama seperti batu mulia semisal berlian dan lainnya. nilai tukarnya tidak ada yang bisa menakar.

Batu akik adalah batuan yang mengalami proses dan waktu tertentu atau singkatnya produk geologi. Batu yang ditemukan penambang adalah bahan mentah atau hanya bongkahan. Kemudian batu bongkahan tersebut melewati proses potong dan asah hingga menjadi perhiasan seperti yang kita kenal. Batu akik dari Indonesia sendiri memiliki keunikan tersendiri dari tiap provinsi.

Batu akik mulai populer diperkirakan sejak mantan presiden Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono menghadiahi Presiden Amerika, Barack Obama cincin bermata batu bacan. Dan hingga sekarang, batu akik ini dijadikan sebagai cinderamata eksklusif untuk pejabat.

Dahulu, pemakai batu akik tidak lepas dari anggapan bahwa batu tersebut punya nilai mistis. Namun kini batu akik dicari karena keindahan dan kelangkaannya. Meskipun banyak juga yang masih percaya bahwa batu akik mempunyai nilai magis. Semisal untuk kewibawaan, pengasihan, dan lain sebagainya.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like