Leap Second 30 Juni 2015, Penambahan Waktu Satu Detik, Bisa Jadi Malapetaka Internet

riaus.org

Jogjaupdate.com (24/06/15), Pada tanggal 30 Juni pukul 23:59:59 waktu GMT, Jam didunia akan mendapat tambahan satu detik. Peristiwa ini dikenal dengan nama ‘leap Second’ atau ‘penambahan detik’ waktu. Pentingnya penambahan satu detik ini sangat penting, untuk mengimbangi perputaran bumi yang semakin melambat.

Tambahan satu detik itu diperlukan karena rotasi Bumi secara bertahap melambat sekitar 2/1.000 detik per hari, sementara waktu atomik tetap konstan.
Waktu atomik menggunakan getaran dalam atom untuk mengukur waktu dan disebut-sebut sebagai yang paling akurat karena atom beresonansi pada frekuensi yang sangat konsisten.

Jadi menambahkan satu detik ini kadang-kadang digunakan untuk membantu waktu Bumi mengejar waktu atomik karena waktu Bumi berjalan lebih lambat sekitar dua/1.000 detik per hari. Untuk menjaga mereka tetap sinkron perlu sesekali melompatkan waktu Bumi.

“Pada masa dinosaurus, Bumi menyelesaikan satu putaran dalam waktu sekitar 23 jam,” kata Daniel MacMillan dari NASA Goddard Space Flight Center.

Bagi masyarakat umum, penambahan waktu satu detik tidak akan terasa apapun. Namun bisa menjadi malapetaka jika kita bekerja dengan menggunakan internet atau sistem internet.

Leap second terakhir terjadi pada 2012 lalu di mana situs-situs seperti Mozilla, Reddit, Linkedln dan lainnya mengalami crash. Namun untuk tahun ini, sebagian besar perusahaan menyatakan siap menghadapi leap second.

Google telah mengembangkan teknik untuk mengatasi leap second dengan secara bertahap menambah milidetik untuk sistem jam mereka.

Beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, telah mendukung rencana untuk menghilangkan leap second. Mereka ingin membiarkan jam berjalan tidak sinkron.

Namun menurut beberapa kalangan, hal itu justru sangat berbahaya. Sebab, tanpa penambahan satu detik, akan selalu terjadi kesalahan waktu dua sampai tiga menit pada 2.100 – dan setengah jam pada 2.700.

Negara-negara lain, seperti Inggris, ingin mempertahankan leap second agar terjadi kesesuaian dengan waktu Bumi -seperti Greenwich Mean Time- yaitu waktu saat matahari melintasi Greenwich Meridian. Dilansir dari dream.co.id.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like