Rizman Nugraha, Orang Indonesia Pertama Yang Akan Terbang Keluar Angkasa

voanews

Jogjaupdate.com (25/06/15), Rizman A. Nugraha, pria kelahiran Bangka Belitung, 26 tahun lalu ini, tak lama lagi akan menjadi orang Indonesia pertama yang terbang keluar angkasa.

Awalnya Rizman mengkuti sebuah tantangan disebuah iklan yang akhirnya terpilih menjadi salah satu perwakilan Indonesia yang akan mengikuti misi keluar angkasa.

Dilansir dari detik.com, Rizman harus bersaing dengan 83 ribu orang yang mendaftar dari seluruh Indonesia. Berbagai tes akademis ditempuh hingga akhirnya Rizman berhasil masuk ke dalam 40 besar peserta Indonesia yang akan menjalani National Space Camp di Jakarta pada September 2013 lalu.

Berbagai macam test seperti, tes turun tali dari ketinggian 50 meter, walk climbing, flight simulator, lalu tes kesehatan dan tes bahasa Inggris, dengan dilatih oleh Polisi Udara di Pondok Cabe.

Semua ujian berhasil dilalui Rizman hingga akhirnya dirinya berhasil menjadi salah satu dari 3 finalis asal Indonesia yang akan bertarung dengan ratusan peserta dari 62 negara di Global Space Camp di Florida, Amerika Serikat pada Desember 2013 lalu.

Di Florida, tantangan yang dihadapi Rizman serta 2 finalis lain asal Indonesia pun tak mudah. Berbagai ujian mental dan ketahanan fisik khas astronot pun dijalani selama 5 hari, hingga akhirnya Rizman berhasil terpilih menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang akan terbang ke luar angkasa bersama 22 peserta lainnya yang berasal dari seluruh dunia.

Selama rangkaian misi pelatihan di Florida yang dipimpin oleh astronot senior Buzz Aldrin, Rizman telah berhasil mengemudikan pesawat Air Combat USA, menjalani latihan seperti layaknya seorang Astronot dalam Astronaut Assault Course dan membuktikan dirinya bisa mengatasi kekuatan ledakan dalam jenis latihan G-Force Mission di Kennedy Space Center.

Rizman akan terbang ke luar angkasa bersama seorang pilot dengan pesawat luar angkasa berteknologi mutakhir berkapasitas dua orang yaitu XCOR Lynx Mark II. Pesawat luar angkasa ini akan menerbangkan Rizman setinggi 103 km dari Planet Bumi menembus batas luar angkasa dengan durasi perjalanan 60 menit.

Rencananya, dia akan terbang bulan Desember akhir tahun ini, atau paling lambat bulan Januari 2016.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *