Gerakan Bijak Bersosial Media Mulai Dikampanyekan di Jogja

JogjaUpdate.com (6/10/17), Sosial media, adalah bagian dari perkembangan teknologi yang berdampak pada kehidupan manusia. Jika digunakan dengan bijak akan mendapatkan banyak manfaat positifnya, jika sebaliknya malah berdampak buruk. Karena itulah muncul Gerakan Bijak Bersosial Media.

Gerakan Bijak bersosial Media (Bersosmed) ini awalnya diluncurkan di Jakarta, dan kini merambah Jogja. Pada hari Kamis (5/10/17) kemarin telah pertemuan dengan berbagai komunitas di Jogja. Gerakan ini bersama-sama mengajak untuk mengedukasi dan mendorong penggunaan sosial media dengan bijak, cerdas, aman, dan sehat.

Dalam acara yang digelar di Angkringan JAC, Jalan Sompilan, Koordinator Gerakan Bijak Bersosmed, Enda Nasution mengajak untuk mengedukasi dan menyadarkan masyarakat agar bijak dalam bersosial media. Karena menurutnya, penyebaran konten kebencian akan semakin banyak seiring dengan datangnya tahun politik.

“Tahun 2018 dan tentunya tahun 2019 akan menjadi tahun politik yang akan membuat pertentangan dan kompetisi memenangkan perhatian publik via platform media sosial menjadi lebih sengit. Kita harus berusaha menjaga agar media sosial bisa mempersatukan rakyat Indonesia, bukan malah memecah belah,” ungkap Enda.

Ditambahkan Enda, ada pihak-pihak tertentu yang sengaja memanfaatkan keadaan untuk meraup keuntungan pribadi tanpa peduli pada efek yang dihasilkan. Terbukti dengan ditangkapnya kelompok Scaracen, yang disebut Enda sebagai kelompok ‘Pembajak Kebebasan Berpendapat’.

Karena itulah gerakan ini mengajak untuk mengudakasi masyarakat agar tidak mudah termakan informasi bohong yang menyesatkan. “Harus hati-hati menyebarkan konten-konten di media sosial. Karena yang diinginkan kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab itu adalah penyebaran yang semakin luas oleh masyarakat,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Gerakan Bijak Bijak Bersosmed ini hadir di Jogja untuk saling bertukar gagasan. Beberapa komunitas yang datang antara lain Paguyuban Admin Jogja, Masyarakat Digital Jogja, Roemah Toea, Genpi Jogja, Komunitas Bloger Jogja, Emak Blogger, Nonton YK, Merawat Jogja, dan Kaskus Regional Jogja.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like