Bermana Bermani Sang Penggoda Pasangan Suami Istri Dalam Mitos Jawa

JogjaUpdate.com (25/10/17), Pernahkah kamu mendengar mitos mengenai sosok makhluk halus Bermana Bermani? Mitos ini banyak dipercayai masyarakat, terutama Jawa yang diceritakan turun menurun. Mungkin di jaman modern ini sudah tidak banyak lagi terdengar mengenai sosok makhluk halus ini.

Lalu apa itu Bermana Bermani? Menurut yang dimuat HantuPedia.com (10/10/17), Menurut kepercayaan adalah makhluk halus yang berasal dari sepasang manusia pada masa lampau yaitu pasangan laki-laki dan perempuan yang saling mencintai. Namun karena suatu sebab yang tidak wajar, mereka meninggal dunia dan arwahnya bergentayangan.

Sewaktu hidup mereka belum sempat merasakan kebahagiaan sebagai sepasang suami istri, tetapi sudah keburu meninggal. Maka setelah menjadi makhluk halus, suka usil mencari mangsa sepasang suami istri. Bermana Bermani suka menggoda pasangan suami istri bahkan merasukinya.

Dalam menggoda pasangan suami-istri, Bermana Bermani ini akan menampakkan diri dengan wujud jin dan jim. Tampangnya akan sangat menyeramkan, lalu lama-kelamaan akan berumah menjadi penggoda. Ketika salah satu pasangan suami-istri ini lengah, makan akan merasuki tubuhnya.

Jika dirakusi oleh Bermana Bermani, orang tersebut jadi sering marah-marah kepada pasangannya. Bahkan bisa menjadi benci tanpa sebab yang jelas. Setelah rumah tangga pasangan yang diganggu penuh dengan pertengtangan dan tidak harmonis, makhluk halus ini akan gembira dan betah tinggal di tubuh yang dirasukinya.

Dalam mitos jawa kuno, Bermana Bermani ini sangat ditakuti dan keberadaanya dipercayai. Karena itu, jika melihat rumah tangga seseorang yang kurang harmonis, akan beranggapan kalau mereka sedang diganggu oleh makhluk halus ini. Untuk terhindar dari gangguan makhluk halus ini, selalu dekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like