Bakal Digelar Balapan Tanpa Pembalap

JogjaUpdate.com (31/12/17), Perkembangan dunia otomotif tidak ada hentinya, berbagai macam teknologi dikembangkan. Termasuk mobil tanpa pengemudi, atau otonomos vehicles. Di mana mobil dikendalikan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) tanpa memerlukan pengemudi lagi.

Teknologi otonomos ini bakal masuk ke dunia balap pada tahun 2018. Di mana bakal digelar balapan tanpa pembalap. Menurut yang dimuat Motorsport.com (29/12/17), balapan tanpa pembalap ini nanti akan dinamakan Roborace dan bakal diselenggarakan di Autosport Stage di Autosport International 2018.

Roborace merupakan platform pengembangan teknologi otonomos di lingkungan yang ekstrem. Ini juga disebut bisa mendidik masyarakat tentang manfaat dan keamanan teknologi ini, saat mereka berhasil beroperasi di jalanan. Sekaligus sebagai ajang pembuktian teknologi AI mampu megoperasikan kendaraan dengan aman.

Mobil yang digunakan dalam Roborace nanti akan menggunakan Nvidia Drive PX2 GPU, sebuah teknologi prosesor yang mampu mengoperasikan 24 triliun A.I. per detik. Soal desain Robocar, dirancang oleh futuris otomotif yang berpengalaman membuat mobil di film-film Hollywood, seperti Tron dan Oblivion.

Desain Robocar juga dibuat untuk menunjukkan dengan jelas bahwa tidak ada manusia di dalam kendaraan tersebut. Dengan berat lebih dari 1.000 kilogram, kendaraan ini dilengkapi empat buah motor 300 kW di masing-masing rodanya. Dengan ini memungkinkan Robocar melaju dengan kecepatan lebih dari 320 km/jam.

Akankah balapan tanpa pembalap ini menarik untuk disimak? Menghilangkan unsur pembalap dalam dunia balap itu semacam balapan tamiya mini 4wd. Tapi lebih baik kita tunggu saja seperti apa balapan ini nantinya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like