APFY Berharap Harga Mesin Fotocopy Warna Makin Terjangkau

JogjaUpdate.com (1/11/17), Asosiasi Pengusaha Fotocopy Yogyakarta (APFY) pada hari Selasa, 31 Oktober 2017 bertempat di Hotel d’Senopati Yogyakarta mengadakan Sarasehan Nasional. APFY merupakan asosiasi pengusaha fotocopy pertama di Indonesia yang sudah berbadan hukum.

Sarasehan ini mengangkat judul “Mesin Fotocopy warna dengan harga terjangkau akan menyelamatkan ratusan ribu pengusaha UMKM dan jutaan tenaga kerja di Indonesia yang bekerja dalam bidang fotocopy”. Dengan dihadiri sejumlah pengusaha jasa layanan fotocopy di Yogyakarta.

Acara sarasehan ini juga dihadiri oleh perwakilan pengusaha fotocopy dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain: Bali, Magelang, Banjarmasin, Pare-pare, Malang dan berbagai kota lainnya. Acara ini juga dihadiri perwakilan dari Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangan, Bea Cukai dan Badan Intelejen Negara (BIN).

Menurut Ketua APFY, Rudi Yanuar, kondisi usaha copy center saat ini cenderung menurun omsetnya dikarenakan adanya kebijakan dari beberapa instansi pemerintah yang menerapkan gerakan “paperless”, pengarsipan dokumen dalam bentuk soft file dan kemajuan teknologi komunikasi digital.

Sementara itu, masih ada peluang lain yaitu bisnis fotocopy warna yang berpotensi besar. Namun dalam mengoperasikan jasa fotocopy berwarna ini membutuhkan modal yang tidak sedikut, terutama untuk mesin. Sehingga saat ini, fotocopy berwarna masih dikuasai pengusaha dengan modal besar saja.

Karena itulah, diharapkan pemerintah bisa membantu atau menjembatani harapan para pelaku UMKM di bidang industri jasa fotocopy dalam merealisasikan mesin fotocopy warna. Diharapkan pemerintah dapat mewujudkan adanya mesin fotocopy warna dengan harga terjangkau.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer