Setiap Selasa Wage Pedagang Kaki Lima Malioboro Libur 24 Jam

JogjaUpdate.com (14/9/17), Para pedagang kaki lima Malioboro telah sepakat untuk rutin mengadakan kegiatan bersih-bersih. Setiap 35 hari sekali, tepatnya tiap hari Selasa Wage akan dilakukan kegiantan Reresik Malioboro. Selama 24 jam pedagang kaki lima akan libur berdagang untuk memberi kesempatan pembersihan.

Kesepakatan ini dicapai pada Rapat Koordinasi Reresik Malioboro Selasa Wage yang diadakan di ruang Rapat Antasena Kompleks Balaikota Yogyakarta. Rapat ini dihadiri oleh Asisten walikota, seksi protokoler, DLH kota yka, DISHUB, LLAJ, Satpol PP, DISPAR, UPT Malioboro, Kom.Reresik Sampah Visual merdekave, dan Garuksampah.

Kegitaran Reresik Malioboro Selasa Wage ini dimaksudkan untuk mengistirahatkan Malioboro selama 24 jam setiap Selasa Wage. Malioboro akan istirahat dari segala macam aktifitas, kecuali jalan kaki. Rencananya akan diadakan rutin, namun diawali tahap uji coba pada Selasa Wage, 26 september 2017.

Reresik Malioboro Selasa Wage ini dikoordinaikan oleh UPT Malioboro serta melibatkan para pelaku ekonomi di sekitar Malioboro. Juga melibatkan Komunitas Pedagang Kaki Lima Malioboro, Komunitas Becak, Komunitas Andong, Komunitas Lingkungan, DLH Kota, Dishubkominfo, Kepolisian, BPBD, serta masyarakat sekitar.

Teknis kegiatan ini akan dimulai dari pukul 00.00 dini hari hingga 09.00 WIB akan dibuka secara simbolik oleh Walikota Yogyakarta. Dengan semangat untuk menidurkan atau mengistirahatkan sementara Malioboro, acara ramai-ramai akan dibatasi. Dan akan dipertimbangkan kembali di rencana Selasa Wage berikutnya.

Rencana rundown:

  • 00.00-00. 15: dibuka dengan kentongan, pertanda seluruh PKL tutup, untuk selanjutnya didorong keluar dari area malioboro.
  • 00.15-05.00: proses sterilisasi kawasan malioboro dari PKL, andong, dan becak.
  • 05.00-08.00: proses pembersihan/penyapuan sampah malioboro oleh relawan komunitas dan perwakilan SKPD.
  • 08.00-09.00: proses penyiraman dan pengepelan pedestrian malioboro oleh komunitas, relawan, dan perwakilan SKPD.
  • 09.00-24.00: malioboro steril dari PKL, becak, andong, dan aktifitas berat lain. Tinggal malioboro yang senggang yang bisa dinikmati oleh para pejalan kali dan wisatawan berfoto selfie ria atau sekedar bercanda tawa.
Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like