7 Pantai Tersembunyi di Jogja Yang Mungkin Belum Kamu Kunjungi

JogjaUpdate.com (25/01/17), Jogja dikenal dengan bermacam tempat wisatanya, termasuk dengan wisata alam seperti pantai. Namun tahukah kamu kalau ada 7 pantai tersembunyi di Jogja yang mungkin belum pernah kamu kunjungi selama ini.

Ketujuh pantai tersembunyi di Jogja ini terletak di Kabupaten Gunungkidul, yang selama ini terkenal dengan keindahan patainya. Apa saja pantai-pantai tersembunyi di Gunungkidul ini? Berikut daftarnya:

1. Pantai Wohkudu

Sepinya Pantai Wohkudu ini cocok bagi para pencari ketenangan yang jauh dari keramaian. Pantai yang berada di Kecamatan Panggang, Gunungkidul ini sepi dari kunjungan wisatawan. Bibir pantai ini memang sempit, namun pemandangan yang disuguhkannya sangat cantik. Perpaduan pasir putih dengan tebing-tebing karang yang kokoh berdiri diantara bibir pantai.

#wohkudu #wohkudubeach #pantaiwohkudu #explorejogja #exploreyogyakarta #jogja #jogjatraveller #exploreindonesia

A post shared by Dinar Suci Mayaratih (@mdinarsuci) on

Untuk mencapai ke pantai ini terbilang cukup susah, apalagi belum ada pengelola resmi dari pantai ini. Sehingga akses kesana pun hampir tidak ada. Untuk mencapai pantai ini kamu harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dan ladang warga.

Waktu perjalanan untuk mencapai Pantai Wohkudu ini kurang lebih sekitar 2 jam dari Kota Yogyakarta. Lokasinya tepatnya berada di Desa Nglaos, pedukuhan Wiroso. Untuk lebih lanjut ke lokasi bisa menggunakan kordinat ini.

2. Pantai Jogan

Yang paling menarik perhatian dari Pantai Jogan ini adalah air terjun yang lansung jatuh ke laut. Selain itu kita juga disuguhi oleh keindahan tebing-tebing karang yang kokoh berdiri di tepi laut.

The hidden paradise of Jogjarta #Joganbeach

A post shared by Alief Khuwarizm (@alkhuwarizm) on

Bagi yang bernyali lebih dan penasaran bisa juga turun ke bawah melalui jalur yang telah disediakan. Dibawah kamu bisa menikmati guyuran air terjun tersebut. Namun tetap harus berhati-hati karena bebatuan yang licin dan tajam.

Untuk mencapai pantai ini, memerlukan perjalanan kurang lebih 2 jam dari Kota Yogyakarta. Mengambil jalan arah Timur dari Kota Wonosari kemudian mengambil jalur Pantai Siung. Pantai ini berada kurang lebih 400 meter dari pos retribusi Pantai Siung. Untuk kordinat lokasinya bisa dilihat di sini.

3. Pantai Nglambor

Di Pantai ini berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul yang menawarkan keindahan pasir putih dan tebing karangnya. Pantai Nglambor ini menawarkan aktivitas berenang dan snorkeling.

Aktiivitas snorkeling ini dapat dilakukan dengan aman karena bentuk pantai yang menjorok kedalam. Selain itu adanya bukit karang yang melindungi Pantai Ngelambor ini dari ombak Samudera Hindia yang terkenal ganas.

Love untuk mereka

A post shared by mega susi sugiarto putri (@megaputri711) on

Snorkeling di sini tidak hanya menikmati keindahan terumbu karang saja, namun juga beragam ikan cantik aneka warna. Pastinya kamu bisa puas menikmati keindahan dari satwa laut yang tinggal di pantai ini.

Untuk mencapai Pantai Nglambor ini cukuplah mudah, karena letaknya diantara Pantai Siung dan Pantai Jogan. Namun sayangnya belum ada akses langsung bagu kesana. Kamu harus memarkirkan dahulu kendaraan kemudian melanjutkan jalan kaki beberapa ratus meter.

Pantai ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Kira-kira membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta. Pantai ini ada di sekitar 2 km setelah pos retribusi Pantai Siung. Untuk kordinat lokasi ada di sini.

4. Pantai Watulawang

Pantai ini sebenernya mempunyai bibir pantai yang cukup lebar, namun sayang belum banyak yang mengetahui. Hal ini lagi-lagi karena kurangnya informasi yang memadai terkait pantai ini.

Siapa yang berani jadi ombak, jika lautnya adalah amarahmu ketika memendam rindu?

A post shared by Tiwi Pras (@w_prastiwi) on

Selain hamparan pasir putih, pantai ini juga memiliki goa batu yang membagi pantai ini menjadi dua area. Nama Watulawang sendiri berarti pintu batu, ini karena adanya batu yang menyerupai pintu di goa.

Bagi warga sekitar, Pantai Watulawang ini dianggap keramat. Pantai ini sering digunakan sebagai lokasi Upacara Adat Nyadran yang diselenggarakan setiap bulan Sya’ban dalam Kalender Islam.

Untuk mencapai pantai yang berada di Kecamatan Tepus, Gunungkidul ini cukuplah mudah. Dari Kota Wonosari tinggal menuju ke Pantai Baron, karena Pantai Watulawang ini berada diantara Pantai Indrayanti dan Pantai Pok Tunggal. Untuk kordinat lokasinya ada di sini.

5. Pantai Ngobaran

Pantai ini cukup unik dibandingkan pantai lainnya, bukan cuma untuk keindahan alamnya. Keunikan dari pantai ini adalah jejak sejarah Kerajaan Majapahit.

A post shared by JESS (@jessxs) on

Di pantai ini terdapat beberapa bangunan-bangunan peribadatan dan arca-arca untuk para penganut Hindu, Budha, Islan dan aliran kepercayaan Kejawen maupun Kejawan. Para warga sekitar pantai ini pun meyakini kalau keturunan terakhir dari Kerajaan Majapahit membakar diri di tempat ini.

Keunikan dari Pantai Ngobaran lainnya adalah sajian kuliner Bulu Babi goreng. Diamana Bulu Babi yang telah diambil dagingnya kemudian dibumbui dengan garam dan cabai lalu digoreng.

Untuk mencapai pantai ini sangatlah mudah, karena sudah ada jalur langsung menuju lokasi. Pantai Ngobaran ini ada di Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Untuk kordinal loasinya ada di sini.

6. Pantai Dadap Ayam

Untuk pantai yang satu ini kemungkinan besar belum pernah kamu datangi, mungkin mendengar namanya saja belum. Pantai ini memang sangat terpencil namun tidak susah akses menuju ke lokasinya.

Pantai ini jarang sekali didatangi wisatawan, hanya beberapa warga lokal yang sering kesini. Di pantai ini biasanya warga lokal datang untuk mencari tanaman Dadap Ayam yang bisa digunakan untuk obat tradisional.

Pantai ini juga berbentuk cekungan kedalam sehingga tidak banyak ombak besar. Selain itu banyak tumbuhan dan ikan-ikan kecil yang menjadikan pantai ini sebagai rumah.

Harap berhati-hari kalau di pantai ini karena selain licin, banyak batu-batu karang yang tajam di pantai ini. Namun hal ini tidaklah mengurangi keindahan Pantai Dadap Ayam ini.

Akses menuju pantai yang berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul ini tidaklah susah. Dari ambil jalan mengarah Paliyan, Trowono hingga menuju pantai Ngobaran. Parkir kendaraan di Pantai Ngobaran kemudian menelusuri jalan setapak kearah Timur sekitar 700 meter. Untuk kordinat lokasinya ada di sini.

7. Pantai Sedahan

Satu lagi pantai yang terpencil dan tidak banyak yang mengetahui, apalagi mengunjunginya. Adalah Pantai Sedahan yang memiliki keindahan alam tidak kalah dari pantai-pantai lain. Selain itu jarang ada wisatawan yang datang mengunjungi, tempat ini juga sangat sepi dan cocok bagi yang mencari ketenangan.

Pantai cantik ini tersembunyi di Timur Pantai Wediombo. Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa memarkirkan kendaraan di Pantai Wediombo kemudian melanjutkan dengan jalan kaki. Tidak ada petunjuk jalan khusus dan jalannya melewati ladang milik warga lokal. Tapi kamu bisa bertanya ke warga lokal arah menuju pantai ini. Untuk kordinat lokasinya ada di sini.

Pantai Tersembunyi Lainnya

Selain ketujuh pantai diatas, sebenarnya masih banyak pantai tersembunyi di Jogja lainnya. Diantarnya ada Pantai Butuh, Pantai Kesirat, Pantai Greweng, Pantai Widodaren, Pantai Karangtelu, dan Pantai Kesirat. Pantai-pantai ini tidak banyak diketahui orang, lagi-lagi karena minimnya informasi dan susahnya akses menuju kesana.

Selain itu memang beberapa pantai ini belum terbuka secara resmi untuk pariwisata. Namun kamu masih bisa tetap mengunjunginya dengan bertanya-tanya warga sekitar tentang arah menuju lokasi pantai-pantai ini.

Demikianlah 7 pantai tersembunyi di Jogja yang kemungkina belum pernah kamu kunjungi, atau mendengarnya saja belum pernah. Jika ada kesempatan dan waktu luang coba kunjungilah. Selanjutnya, pantai mana yang ingin kamu kunjungi?

Part 2

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like